Pengalaman Berwisata di Surabaya

By | 22 May 2017

Surabaya merupakan sebuah kota yang terkenal dengan sebutan kota pahlawan. Kota yang merupakan ibukota priovinsi Jawa Timur ini bisa diakses dari Jakarta menggunakan kereta api maupun pesawat terbang. Saya sudah 2 kali berkunjung ke kota Surabaya ini. Keduanya saya lakukan menggunakan transportasi kereta api bersama keluarga besar. Di Surabaya terdapat 3 stasiun yaitu Pasar Turi, Gubeng dan Wonokromo. Dan dalam 2 kali perjalanan, kami memilih stasiun Surabaya Gubeng.

 

Saya memulai perjalanan dari stasiun Pasar Senin dengan tujuan stasiun Surabaya Gubeng menggunakan kereta api Gaya Baru Malam Selatan. Harga tiket ekonomi Rp 110.000 per orang. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 15 jam. Untuk jam keberangkatan sekitar jam 10 pagi dari Jakarta dan jam kedatangan sekitar jam 01.30 dini hari. Kereta yang penuh saat ini membuat AC di dalam kereta tidak berhasil memberikan hawa sejuk di siang hari untuk keluarga kami. Tapi menjelang malam, udara AC mulai berasa dingin..

 

Tujuan kami sebenarnya adalah wilayah Pasuruan, karena kebetulan ada saudara yang tinggal di sana. Selama di Pasuruan, kami jalan-jalan ke beberapa tempat antara Malang – Surabaya – Madura menggunakan bis sewaan. Ada beberapa tempat wisata yang saya kunjungi di Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan, Monumen Suroboyo dan  Jembatan Suramadu. Yang paling saya kagumi dari Surabaya adalah jalan-jalannya bersih, tidak terlihat adanya sampah di jalan.

Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan menjadi salah satu landmark kota Surabaya. Tugu ini memiliki tinggi lebih dari 41 meter. Pembangunan tugu pahlawan ditujukan untuk memperingati peristiwa 10 November 1945 di mana pada waktu itu para pejuang surabaya melawan pasukan sekutu yang ingin menguasai Indonesia. Di depan pintu masuk monumen ini terdapat patung proklamator Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta. Di sini bulu kuduk saya merinding merasakan bagaimana hebatnya para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan negara kita.

Monumen Suroboyo

Monumen Suroboyo berbentuk patung sura (ikan) dan boyo (buaya). Kota Surabaya identik dengan patung sura dan boyo ini. Monumen Suroboyo bisa ditemukan di depan Kebon Binatang Surabaya. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Jika ingin hasil foto Anda lebih bagus, Anda bisa menggunakan jasa fotografer yang menawarkan diri di sana.

Jembatan Suramadu

Ini merupakan jembatan yang menghubungkan Antara Pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang lebih dari 5000 meter. Jembatan ini melintas di atas selat Madura. Begitu sampai di Madura, kami langsung putar balik karena kurang informasi mengenai wisata di pulau tersebut. Saat malam tiba, jembatan ini terlihat indah karena jembatan memiliki banyak lampu.

 

Hotel yang murah di kota Surabaya

Jika Anda tertarik untuk berwisata di Surabaya, sebaiknya carilah hotel di Surabaya karena pasti tidak cukup jika hanya sehari. Untuk cari penginapan/hotel di Surabaya yang murah dan nyaman, silakan cek Airy Rooms. Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia yang saat ini memiliki jumlah properti hotel dan guest house paling banyak. Di Airy Rooms Anda bisa mendapatkan jaminan 7 fasilitas di masing-masing kamar seperti AC, TV layar datar, tempat tidur yang bersih, perlengkapan mandi, shower air hangat, wifi gratis dan juga air minum gratis.

Kelebihan lain dari Airy Rooms adalah anda bisa melakukan pemesanan dari mana saja dan kapan saja. Anda tinggal buka websitenya ataupun download aplikasi Airy Rooms di smartphone Android dan Iphone anda. Untuk pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit ataupun transfer bank seperti biasa. Untuk di kota  Surabaya sendiri, Anda bisa menemukan Airy Rooms dengan harga normal mulai dari 176.000 (bisa lebih murah karena sering diskon). Saat ini Hotel Airy Rooms di Surabaya ada 29 hotel, diantaranya di Kertomenanggal, Karang Menjangan, Taman Remaja Kusuma Bangsa dan Tunjungan. Selamat berlibur ke Surabaya ya.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *