Rawat Pakaian Anak dengan 5 Cara Ini

By | 14 September 2020

Bagi para ibu baru, merawat baju anak sama pentingnya dengan merawat buah hatinya sendiri. Kualitas baju anak akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan anak tersebut. Untuk itu, terkadang warna baju anak yang pudar bisa membuat para ibu kebingungan dan berusaha mencari cara agar bisa menghindari hal tersebut di kemudian hari.

Pakaian anak juga akan berhubungan dengan kids fashion dimana hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri sang anak. Nah, agar pakaian anak tetap awet dan memiliki warna yang bagus ada beberapa cara merawat baju anak yang penting diketahui semua ibu. Apa saja?

  1. Jangan gunakan pemutih pakaian

Pemutih pakaian mengandung bahan kimia yang cukup keras, sehingga berisiko membuat kulit iritasi dan gatal pada anak. Jadi untuk baju anak-anak yang berwarna putih, harus dipisahkan ketika mencuci. Dan jika ada noda harus disikat secara manual, menggunakan detergen yang aman.

  1. Cuci baju yang baru dibeli

Ketika membeli baju baru, biasakan untuk langsung dicuci. Hal ini berguna untuk membersihkan bahan-bahan kimia hasil produksi baju, dan juga debu dan kotor dari bekas mencoba pemakaian orang lain. Jika kamu membelinya secara online, baju juga akan terkena bungkus atau plastik sehingga ada kemungkinan baju tersebut menjadi kotor.

  1. Gunakan detergen yang aman

Untuk mencegah alergi kulit buat anak-anak berkulit sensitif, dan juga bayi, sebaiknya menggunakan deterjen yang aman khusus untuk mereka. Detergen ini biasanya tidak mengandung pewangi. Kamu bisa menemukan detergen jenis ini di minimarket terdekat karena sekarang ada banyak sekali merk detergen khusus anak yang bisa kamu pilih.

  1. Gunakan air mengalir untuk membilas pakaian tersebut

Baju anak yang sudah dicuci, ketika dibilas, sebaiknya menggunakan air mengalir untuk memastikan detergen tidak tersisa di baju. Pada bilasan terakhir, air jeruk dapat ditambahkan sebagai pewangi alami untuk baju yang apek.

  1. Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disetrika

Pastikan hanya pakaian yang benar-benar kering yang boleh disetrika. Jika masih basah, setrika sulit untuk mengeringkan baju lalu meluruskan baju. Maka pakaian masih lembab dan berisiko menjadi tempat bakteri dan jamur ketika disimpan di lemari pakaian.

Merawat baju anak tentu sangat penting mengingat kulitnya yang masih sensitif. Bahan baju yang berkualitas akan membuat kulit bayi terhindar dari alergi. Pastikan juga kualitas air yang digunakan tetap bersih dan jernih, bila perlu kamu bisa menggunakan saringan filter air untuk menyaring kotoran yang terendap di air tersebut. Gunakan cara-cara di atas untuk menjaga kualitas pakaian anak tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *