Tagihan PLN Naik, Terapkan Cara Efektif Ini untuk Menekan Biayanya

By | 3 October 2017

Masyarakat modern memang tak bisa dipisahkan dari listrik, tak bisa dipungkiri bahwa kian lama memang ada semakin banyak hal yang diciptakan untuk membantu kebutuhan manusia, dengan kinerja dari listrik. Seperti diantaranya adalah peralatan elektronik rumah tangga, hingga gadget. Semuanya hanya bisa dipakai dengan konsumsi listrik. Sehingga hal inilah yang membuat beban listrik negara semakin tinggi dari tahun ke tahun. Mungkin Anda juga merasakan tagihan PLN yang kian lama kina mengalami peningkatan.

Sebagian banyak kebutuhan akan listrik adalah untuk cahaya, lampu yang menerangi kehidupan sehari-hari, kemudian kebutuhan untuk perangkat elektronik yang memakan beban juga tinggi, ditambah dengan penggunaan gadget. Jika dihitung-hitung untuk masyarakat yang tinggal di kota dengan tingkat kebutuhan listrik tinggi, bebannya bisa mencapai ratusan ribu rupiah setiap bulan, hanya untuk listrik. Ketergantungan ini terkadang membuat manusia juga kian boros. Sebentar saja terjadi pemadaman maka ada banyak hal yang tak bisa dilakukan sebagaimana mestinya.

 

Sebenarnya ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menekan biaya tagihan PLN, tentunya dengan menghemat pengeluaran listrik, namun karena sudah menjadi kebiasaan hal tersebut jadi semakin sulit untuk dilakukan, agar tak terasa berat, maka berikut ini diantara beberapa tips dalam melakukannya, yaitu:

 

  1. Matikan lampu ketika sudah tak digunakan, terkadang kita tak sadar bahwa penggunaan lampu di rumah bisa sampai 24 jam, tinggal dihitung saja berapa beban yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut, jika dalam rumah saja ada lebih dari 5 lampu yang dipakai. Jadi biasakan ketika sudah tak dipakai, hendaknya Anda mematikannya, kemudian nyalakan lagi ketika akan digunakan, hal ini lebih efektif menekan pengeluaran biaya listrik.
  2. Gunakan peralatan elektronik yang hemat daya atau ramah lingkungan, banyak diantara perusahaan-perusahaan alat elektronik yang sekarang menciptakan inovasi baru pada produknya dengan mengeluarkan seri yang ramah lingkungan, konsumsi listriknya bisa ditekan dengan cukup tinggi. Sehingga meskipun cukup banyak alat elektronik yang digunakan dalam rumah, tak akan memakan biaya beban listrik terlalu tinggi.
  3. Mulai ganti dengan sistem pulsa atau listrik prabayar, salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghemat beban listrik juga bisa dengan mengganti sistemnya, menjadi yang prabayar, ketika Anda memakai jenis yang pasca bayar, maka tak akan tau berapa biaya yang dikenakan kecuali sudah melakukan pembayaran ke PLN, namun dengan sistem prabayar ini listrik tak akan bisa dipakai, kecuali sudah mengisinya terlebih dahulu. sehingga pemakaian bisa jadi jauh lebih hemat.
  4. Cabut sebuah sakelar pada peralatan elektronik yang tak dipakai, membiarkannya dalam keadaan hidup padahal banyak yang tak digunakan selain berpotensi merusaknya, juga membuat aliran listrik terus saja mengalir, akibatnya beban juga akan semakin tinggi.
  5. Gunakan AC ketika dibutuhkan saja, AC dipakai untuk mendinginkan suhu ruangan, faktanya beban alat rumah tangga yang satu ini memang paling besar. Karena tak setiap waktu cuaca panas, maka nyalakan sesekali saja ketika Anda tengah membutuhkan, saat suhu udara sedang rendah matikan.
  6. Jangan biasakan mencharger baterai ponsel ketika tidur, karena Anda tak akan tau kapan ia sudah full atau tidak, aliran listrik tentunya tetap mengisi ke dalamnya, selain kurang bagus untuk ponsel, juga menyebabkan tagihan semakin tinggi.

 

Meskipun cukup sederhana, namun beberapa cara tersebut sangat efektif di dalam menekan biaya tagihan PLN listrik Anda.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *