Minuman Fenomenal Ramadhan Khas Indonesia

By | 19 June 2016

Sebagai pelepas dahaga setelah seharian menahan haus, tidak ada salahnya jika kita memilih beberapa menu minuman sebagai hidangan saat berbuka puasa. Nah, kali ini saya akan bahas mengenai macam macam minuman paling fenomenal khas ramadhan di Indonesia. Yuk langsung aja kita bahas satu per satu.

  1. Es Cendol

cendol

Siapa yang tak mengenal minuman yang satu ini? Minuman asli orang Indonesia ini terbuat dari bahan tepung beras yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk cendol yang menggoda selera anda para penikmat minuman tradisional khas Indonesia. Disajikan dengan parutan es batu serta gula merah dan air santan kelapa segar menambah kental nuansa tradisional ala Indonesia banget hehe. Cita rasa manis dan gurih yang selalu diidamkan oleh para penikmatnya menjadikan es cendol ini sebagai minuman primadona yang sampai saat ini tidak pernah kehilangan penggemar. Ternyata di sebagian wilayah Indonesia, tepatnya di daerah Jawa Tengah, es cendol ini dikenal dengan nama es dawet. Hehe sah-sah aja lah ya. Apapun sebutannya, minuman ini merupakan minuman asli Indonesia.

  1. Es Timun Suri

Kebanyakan orang mengira buah timun suri ini merupakan buah musiman yang hanya dijual ketika bulan puasa saja. Ternyata timun suri ini bukanlah tanaman musiman.Timun suri dapat ditanam kapan saja. Mengapa timun suri begitu digemari sebagai minuman pembuka saat berbuka puasa? Ya, minuman ini dipercaya dapat mengembalikan dan menjaga kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa. Apa sebenarnya yang membuat buah ini begitu menyegarkan? Ternyata kandungan kalium yang tinggi yang terdapat pada timun suri yang berkhasiat untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Tambahkan es batu, syrup, gula atau susu kental manis sebagai kuah dari minuman ini agar menambah sensasi kesegaran saat kita meminumnya.

  1. Es Cincau

Es cincau terkenal pula sebagai salah satu minuman penyegar dengan gel yang mirip agar-agar atau dikenal dengan sebutan cincau sebagai bahan utamanya. Cincau itu sendiri memiliki dua jenis yang berbeda. Ada cincau hijau dan ada cincau hitam.

Cincau hijau sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami. Warna hijau alami mengindikasi kandungan klorofil pada cincau hijau yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan Cincau hitam memiliki manfaat yang beragam. Cincau hitam biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi diare, tekanan darah tinggi, batuk, menurunkan demam, membantu mengobati malaria, perut kembung, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.Unik bukan?

Selain rasanya yang aduhai menggona selera anda, ternyata minuman fenomenal asli Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *