Online Shop, “Jarak dan waktu serahkan pada kurir pilihan anda”

By | 19 June 2016

Nyaman, Aman, dan Cepat. Merupakan hal yang diharapkan setiap pembeli dalam berbelanja secara online. Saat ini sudah tidak asing tentunya jika anda mendengar istilah Online Shop. Ya, hamper setiap kalangan sudah pernah mendengar istilah ini. Adakah diantara anda yang sering bertransaksi atau belanja secara online? Apa yang anda ketahui tentang online shop? Apakah sama seperti anda bertransaksi di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path, Blog, dan sebagainya? Tentu tidak. Online Shop pada dasarnya memang sebuah toko yang ada pada dunia maya seperti beberapa sosial media yang disebutkan tadi. Namun yang berbeda dari online shop yaitu dari segi transaksinya.

Xmas time

Keamanan dalam bertransaksi pada online shop merupakan hal yang paling penting yang harus diperhatikan oleh pedagang yang menjual produknya pada toko online. Sistem pembayaran dan alat pembayaran menjadi fokus utama dalam keamanan bertransaksi online sebelum akhirnya kualitas barang atau jasa yang ditawarkan menjadi pembanding dengan harga yang ditawarkan penjual. Dalam tulisan ini, saya ingin membahas sedikit mengenai fasilitas bertransaksi pada online shop yang menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

  1. Fasilitas Rekening Bersama

Yaitu rekening pihak ketiga antara penjual dan pembeli. Alur dari rekening bersama ini cukup adil bagi kedua belah pihak. Pertama pembeli melakukan pembayaran sesuai tagihan maka dana akan masuk ke rekening bersama kemudian diverifikasi oleh pihak ketiga. Selanjutnya pesanan diteruskan ke penjual untuk selanjutnya pesanan diperoses oleh penjual. Ketika pesanan sudah siap, kemudian penjual melakukan pengiriman barang melalui kurir (pihak yang menyediakan jasa antar barang) setelah barang tiba di tangan pembeli maka dana akan cair ke penjual. Aman bukan?

  1. Fasilitas Perhitungan Ongkos Kirim.

Online shop telah menyediakan fasilitas yang menghitung secara otomatis ongkos kirim berdasarkan bobot berat atau dimensi barang yang akan dikirim, jarak pengiriman, merek kurir yang dipakai serta jenis pelayanan yang ditawarkan dari masing-masing kurir yang akan berpengaruh pada durasi waktu pengiriman.

  1. Testimoni

Pada online shoping, testimoni dapat diberikan kepada penjual setelah barang diterima. Dan testimoni ini berguna untuk modal kepercayaan yang dititipkan oleh para calon pembeli kepada toko yang menjual produk tersebut.

Bagai mana dengan blog & sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, dll)? Yang demikian itu hanya memasarkan produknya atau menginformasikan produknya melalui media internet. Sehingga informasinya cepat tersebar luas. Namun untuk transaksinya masih menggunakan kontak nomer telepon dan pembayarannya pun biasanya cash, atau bayar di tempat. Seandainya transfer rekening pun kurang aman. Karena bisa saja uang sudah ditransfer namun barang tidak dikirim. Atau bahkan sebaliknya, barang sudah dikirim tetapi uang tidak ditransfer.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *