Membuat Konten Blog Tanpa Menjiplak

By | 16 March 2017

Membuat konten blog bagi blogger pemula memang tidak mudah. Sebagian besar blogger pemula membuat konten dengan cara copy paste. Walaupun mudah, hal ini sangat tidak direkomendasikan karena Google akan mendeteksi konten blog yang menjiplak dari website lain. Konten yang dianggap menjiplak akan ditandai oleh Google sehingga tidak akan muncul di mesin pencari Google. Google sangat menyukai konten yang unik.

membuat-konten

Lantas bagaimana caranya membuat konten blog tanpa menjiplak dari website  orang lain?

  1. Tuangkan hasil pemikiran Anda sendiri

Jika konten yang ingin anda buat berisi opini pribadi tentunya ini adalah hal bagus. Opini anda tidak mungkin sama persis dengan opini orang lain. Misalnya saja karena belakangan ini kasus begal merajalela, Anda membuat artikel berjudul Tips Menghindari Aksi Begal.

Jika anda ahli dalam sebuah bidang, anda pun bisa menuliskan pengetahuan anda di blog. Misalnya karena menguasai bahasa pemrograman PHP, saya membuat artikel berjudul Program Hello World di PHP.

Walaupun mungkin sudah ada yang menuliskan konten dengan tema tips menghindari aksi begal atau membuat hello world di PHP, belum tentu cara penyampaian dan cara penulisannya sama persis.

 

  1. Contoh sekaligus banyak blog yang konten nya mirip

Anda boleh saja mencontoh artikel  blog lain, akan tetapi contohlah dari banyak blog sekaligus. Gabungkan konten blog-blog tersebut, jika perlu tambahkan opini Anda di dalamnya sehingga menjadi sebuah artikel baru milik Anda. Sebagai contoh saya membuat artikel 7 Manfaat Ngeblog yang idenya saya gabung dari beberapa sumber sekaligus.

 

  1. Pindahkan salurannya

Cara  lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memindahkan saluran  konten tersebut. Contohnya jika Anda melihat serangkaian tweet yang isinya bagus, bisa Anda jadikan konten di blog. Tentunya dengan menambahkan sedikit penjelasan dari masing-masing tweet.

 

  1. Ganti formatnya

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengganti formatnya. Misalnya Anda menemukan sebuah video di youtube, tuliskan apa yang Anda pelajadi di video tersebut sehingga bisa menjadi artikel Blog. Atau bisa juga dari artikel blog ke tweet. Dengan cara ini saya biasa membuat 2 konten sekaligus untuk sebuah materi. Misalnya saja artikel cara membuat akun gmail yang saya jadikan dalam 2 format yaitu video dan teks.

 

Jika Anda malas untuk membuat artikel sendiri, sekarang Anda bisa menggunakan Post Generator Pro.

Share yuk!!

2 thoughts on “Membuat Konten Blog Tanpa Menjiplak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *