Matahari Sebagai Energi Yang Terbarukan

By | 25 January 2015

Pengertian energi baru terbarukan adalah sesuatu yang seksi sekarang ini. Setiap negara berlomba untuk menggalakan energi ini agar negaranya bisa memiliki energi yang tidak hanya ramah lingkungan tapi juga berkelanjutan. Salah satu negara yang giat menggalakannya adalah Cina. Hal ini bisa kita lihat dengan teknologi solar cell yang mereka miliki. Energi cahaya matahari atau solar ini menggunakan teknologi yang dapat mengubah energi panas tersebut menjadi tenaga listrik. Sehingga tidak diperlukan bahan bakar minyak untuk membangkitkan tenaga listrik.

matahari

matahari

Meskipun masih sesuatu yang baru tapi ada suatu kawasan di Cina yang sudah menerapkan tenaga ini. Semua peralatan yang menggunakan energi listrik dipasok dari energi matahari. Memang teknologi ini masih terbilang mahal. Namun jika kita mengikuti hukum permintaan dan penawaran, maka tidak menutup kemungkinan jika peminatnya banyak dan sudah terbukti berhasil maka teknologi ini dapat turun harganya. Yang menarik dengan penggunaan energi matahari sebagai energi baru terbarukan ini adalah sistem pengawasannya. Setiap rumah yang berada di kawasan tersebut bisa memonitor berapa cadangan pasokan energi matahari yang mereka miliki.

Hal ini bisa dijadikan suatu sistem manajemen energi yang baik oleh setiap rumah tangga. Jadi, jika kawasan itu mengalami musim yang buruk mereka harus bersiap untuk berhemat. Dan jika pada suatu musim sinar matahari mereka berlimpah, maka mereka bisa menabung untuk di musim lain ketika sinar matahari kurang berlimpah.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *