Laundry Kiloan

By | 21 April 2014

Para  pemilik perusahaan laundry mungkin mempunyai deterjen laundryandalan masing-masing. Pastinya mereka semua memilih yang menurut mereka paling terbaik, baik dalam kualitas dan tentunya baik dalam harga. Kebetulan ibu saya pernah membuka usaha laundry rumahan pada saat kami masih tinggal di dekat kos-kosan. Berhubung banyak mahasiswa yang menjadi tetangga kami sehingga ibu mencoba membuka usaha ini. Alhamdulillah saat itu banyak sekali mahasiswa yang menggunakan jasa ibu.

mesin laundry

mesin laundry

Setau saya waktu itu ibu saya tidak menggunakan deterjen khusus karena mencucinya juga dengan cara manual tidak menggunakan mesin. Sedangkan kebanyakan perusahaan laundry  yang menggunakan mesin sehingga deterjennya berbentuk cairan. Yang ibu saya gunakan deterjen biasa yang berbentuk serbuk dan memakai pewangi pakaian yang terpisah. Meskipun demikian banyak mahasiswa yang puas dengan hasil kerja ibu karena sama bersihnya dengan yang menggunakan mesin.

Karena kami pindah rumah usaha laundry pun akhirnya terhenti karena kami pindah ke kawasan perkampungan. Ketika itu banyak mahasiswa yang kecewa karena ibu pindah mungkin karena harga mencuci di ibu saya lebih murah dibandingkan laundry yang biasanya. Saat sudah berumah tangga semua menjadi terbalik karena saat ini saya yang sering menggunakan jasa laundry. Tetapi bukan pakaian yang saya masukan melainkan hanya selimut dan barang lainnya yang berukuran besar.

Kebetulan laundrynya tidak jauh dari tempat tinggal saya sehingga tidak repot saat ingin mencuci barang yang besar-besar seperti itu. Proses kerjanya menggunakan mesin dan pemiliknya juga menggunakan deterjen laundry khusus. Ketika melihat deterjennya berbentuk cair dan kemasannya juga berbentuk kompan warnanya biru. Saat bertanya-tanya ternyata deterjennya sudah menyatu dengan pewangi pakaian sehingga setelah mencuci tidak perlu direndam dengan pewangi lagi.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *