Koreksi Ujian

By | 10 July 2008

Ini adalah minggu-minggu di mana mahasiswa sedang Ujian Akhir Semester (UAS) di kampusku. Aktifitas dosen berkurang karena tidak ada jadwal mengajar, kecuali dosen yang mengajar di kelas executive atau kelas karyawan. Tapi bukan berarti dosen tidak ada pekerjaan. Pekerjaan dosen di masa-masa ujian adalah mengoreksi hasil ujian mahasiswa.

Ini adalah tugas yang lumayan berat dan menyita banyak waktu. Ada beberapa jenis soal yang biasa digunakan untuk ujian
1. Pilihan Ganda Tunggal
mengoreksi nilai seperti ini cukup melelahkan, apalagi jika soalnya banyak.
2. Essay
Ini lebih melelahkan lagi karena setiap jawaban mahasiswa pasti berbeda-beda. Dosen harus teliti dan bisa memberi nilai secara objektif dan benar
3. Program komputer
Jika soalnya berupa program komputer, dosen harus memeriksa satu-persatu program mahasiswa. Jika program terlihat jalan dengan benar, mudah saja memberikan nilai 100. Tapi jika program tidak berjalan dengan sempurna, biasanya dosen harus melihat coding mahasiswa tersebut. Jika program nyerempet dikit, kasih deh nilai yang cukup bagus

Jadi inget jaman SD dulu ketika guru mengoreksi nilai muridnya. Jawaban dibagi-bagikan kepada seluruh murid dan dikoreksi bersama-sama. Dengan begitu pekerjaan guru menjadi ringan dan menghemat waktu.

Tapi sepertinya cara itu tidak bisa dilakukan pada mahasiswa. karena pasti akan banyak kecurangan.
Seandainya saja UAS boleh online dan bentuknya Pilihan Ganda Tunggal, aku tidak perlu repot lagi ngoreksinya karena nilai akan otomatis diberikan oleh sistem

hehehe

Kadang-kadang juga dapet surat cinta dari mahasiswa yang ditulis di lembar jawaban

Pak, tolong bantu saya ya pak….

Share yuk!!

6 thoughts on “Koreksi Ujian

  1. ridu

    wakakkaka.a…

    bang away dapet surat cinta yah.. kalo gitu di soal ujiannya dikasih NB, yaitu bagi yang mo nulis surat cinta itu dikirimkan di amplop terpisah dan disertai sejumlah uang.. hohoho..

    ide bagus tuh Du :p

    posting terakhir ridu – http://ridu.web.id adalah Blog Ridu Di HACK!!

    Reply
  2. indrio

    Dibikin OL donk ujiannya.
    Masa kalah sama kampus lain :p

    waktu UTS aku udah menggunakan ujian online khusus untuk mata kuliah yang aku ajar.
    tapi untuk UAS, sementara belum boleh. Masih menunggu kebijakan kampus

    posting terakhir indrio – gz.indrio.name adalah Membuat aplikasi web dalam 30 menit

    Reply
  3. Harry

    kalau online ujiannya nanti berkurang kerjaan pak dosen, trus gajinya turun lagi 😀

    harusnya seh gak turun ya gajinya, kan dosennya juga bikin soal ujian itu

    posting terakhir Harry – iorme.net/wp adalah Website Dengan Dua Database

    Reply
  4. aNGga Labyrinth™

    Wuahaha… kayak angga tuh suka nulis surat cinta sama dosen
    tapi isinya becandaan… bukan memelas kayak gitu, menyedihkan 🙁

    jangan-jangan ini suratnya Angga ya?
    *cek lagi ah

    Reply
  5. aRieF do0n9

    hahaha….
    klo dulu waktu sma, pas ujian dimulai guru b.inggris aRieF suka bilang ama muridnya,
    “klo mentok, tinggal disisipin amplop aja…”
    entah, maksudnya amplop apa?!hehehe… 😀

    jangan-jangan amplos untuk nyuap :p

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *