Gerakan Senam Kandungan Untuk Kaki

By | 28 August 2013

Tujuan utama senam hamil tidak lain adalah untuk membantu ibu hamil agar merasa lebih nyaman selama mengandung terutama di usia kandungan yang sudah menua dan saat melahirkan. Banyak wanita yang mengalami kesulitan dan merasakan rasa sakit yang luar biasa saat melahirkan karena mereka kurang melatih otot dan pernapasan. Dengan gerakan yang dikhususkan untuk ibu hamil, ibu bisa mendapatkan manfaat saat persalinan. Selain itu, beberapa masalah yang timbul saat kehamilan juga bisa dikurangi dengan beberapa gerakan senam sederhana yang dilakukan dengan rutin.

Mengurangi Bengkak Kaki

Kaki yang membengkak mungkin bukan hal asing bagi kebanyakan ibu hamil, tetapi dengan gerakan senam berikut, ibu hamil bisa menghindari bengkak pada kaki. Ibu perlu membaringkan badan pada matras dengan kepala yang diganjal bantal. Telapak kaki bisa digerakkan ke depan dan ke belakang hingga rileks. Gerakan tersebut bisa dilanjutkan dengan menekuk kaki satu demi satu secara bergantian hingga lutut meneku ke atas. Kemudian, kaki bisa dilepaskan ke depan dan ke belakang.

Memperkuat Otot Paha

Selama persalinan otot paha akan berkerja sangat keras dan fleksibilitas otot paha sangat diperlukan agar persalinan bisa berjalan lancar. Untuk itu, ibu hamil bisa melakukan gerakan senam hamil untuk menguatkan otot paha dengan cara berbaring menghadap atas dengan kaki yang membuat gerakan naik turun hingga membentuk sudut 45 derajat. Gerakan kaki ini dilakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.

One thought on “Gerakan Senam Kandungan Untuk Kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.