Cara Mudah Mengatasi Android yang Lemot

By | 27 February 2015

Android Anda lambat atau lemot saat dipakai mengunduh aplikasi serta konten dari download kumpulan aplikasi android? Jangan terburu-buru memvonis smartphone tersebut rusak atau ada ketidakberesan dari sisi software. Bisa jadi persoalannya sederhana, dan cara mengatasinya juga terbilang mudah.

Sistem operasi smartrphone pada dasarnya sama dengan piranti PC atau desktop, jika digunakan dalam tempo yang sangat lama, maka akan terjadi penurunan kinerja yang ditunjukkan dengan berbagai macam jenis gangguan, dan yang paling sering terjadi adalah lambatnya kinerja smartphone atau yang kerap kita sebut lemot.

gudang-aplikasi-android

Menurunnya kinerja ponsel android ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mungkin karena usia gadget yang memang sudah cukup lama, atau karena banyaknya aplikasi yang memberatkan memori, bisa juga karena sebab-sebab yang lain. Langkah sederhana untuk mengatasi lambatnya kinerja android tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tanamkan MicroSD dengan Kecepatan Tinggi

Bagi Anda yang suka mengunduh konten dan aplikasi dari download kumpulan aplikasi android, pasti menanamkan microSD pada slot Android, karena meski kapasitas memori internal yang pada umumnya relatif cukup besar, yakni sebesar 4 Gb atau 8 GB, masih saja dirasa belum cukup. Menambahkan MicroSD memang membuat space memori bertambah besar, tapi di sisi lain, memori eksternal ini memiliki potensi menjadikan android lemat. Penyebabnya karena untuk menulis dan membaca data dari MicroSD, dibutuhkan komunikasi antara piranti android dengan MicroSD. Untuk mengatasi hal tersebut, maka usahakan agar MicroSD yang ditanamkan pada slot android memiliki kecepatan tinggi, yakni MicroSD kelas 6 atau kelas 10.

  1. Seleksi Aplikasi

Meski ada jutaan aplikasi menarik yang ditawarkan untuk diunduh, baik gratis maupun berbayar, usahakan jangan menginstalnya dengan membabibuta pada Android Anda. Karena semakin banyak aplikasi yang terpasang, akan semakin berat beban memori, sehingga kinerja android mengalami penurunan.

  1. Setting Of Animasi

Animasi perpindahan menu terkadang juga menjadi penyebab lemotnya android, untuk itu setting of pilihan animasi, baik window animation scale, Transition animation Scale, maupun Animator duration scale.

  1. Matikan Live Wallpaper

Penggunaan wallpaper bergerak selain dapat memboroskan daya baterei juga dapat memperlambat kerja android. Agar efisien, sebaiknya mengganti wallpaper bergerak dengan wallpaper biasa.

  1. Meminimalisir Penggunaan Widget

Widget memang sangat membantu untuk mengetahui informasi secara realtime, tetapi jika terlalu banyak widget pada homescreen android, dampaknya akan membuat kinerja android menurun, disamping juga boros baterei dan boros bandwith.

Dengan melakukan cara-cara di atas, kondisi android Anda yang lemot dipastikan akan pulih kembali, dan siap untuk dipakai menjelajah portal tempat download aplikasi android. Ingat, jangan mendownload konten dan aplikasi di tempat sembarangan, karena di tempat yang tidak direkomendasikan, potensi serangan virus, maleware, dan spyware cukup besar dan serangan tersebut juga dapat mengganggu kinerja android. Jika ingin aman, unduh konten dan aplikasi di portal yang terpercaya yakni Gudang Aplikasi dengan alamat gudangapp.com.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *