Bingung Bagaimana Cara Merawat Sepatu Bola? Simak Tips Di Bawah Ini!

By | 19 February 2016

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang begitu populer dan digemari hingga di seluruh dunia. Mungkin, Anda dapat melihat dari desa hingga ke kota begitu menyukai permainan dengan menggunakan bola ini. Permainan ini bahkan seperti tidak memiliki batasan umur. Jika Anda salah satu penggemar bola, pasti Anda memiliki sepatu bolaSepatu ini merupakan sepatu khusus yang digunakan oleh para pemain.

sepatu-bola

Sepatu untuk sepak bola ini seringnya dirancang hingga sedemikian rupa dengan tujuan agar sang pemain dapat nyaman untuk bermain bola. Permainan sepak bola seringnya dilakukan di lapangan. Ketika musim hujan, sering kali kondisi lapangan dalam keadaan becek, sehingga sepatu sepak bola pun cepat kusam dan kotor, terlebih jika Anda bermain ketika hujan, sudah pasti kotoran yang menempel di sepatu akan sangat banyak.

 

Sepatu bola ini sebenarnya memiliki jenis bahan yang berbeda. Untuk bahan yang pertama ialah jenis kulit, kedua jenis sintetis bertekstur dan yang ketiga ialah sintetik. Beda bahan tentu akan berbeda pula cara penanganannya. Dengan ketiga bahan berbeda ini teknik penanganannya juga berbeda, banyak sekali ibu yang kebingungan ketika ingin membersihkan sepatu sepak bola.

 

Bila Anda tidak ingin sepatu sepak bola Anda cepat rusak, berikut cara merawat sepatu sepak bola setelah Anda menggunakannya, antara lain:

 

  • Mencopot dan melepas tali sepatu. Hal utama yang harus Anda lakukan untuk memulai tahap pembersihan ialah mulai melepas dan mencopot tali sepatu. Bagian tali sepatu ini seringnya juga tidak luput dari berbagai kotoran. Anda dapat membersihkan tali ini dengan pencucian. Cukup beri detergen dan sikat. Namun, bagian pembersihan ini hanya boleh Anda gunakan untuk tali sepatu,
  • Membersihkan sol sepatu. Seringnya akan ada banyak tanah yang tertempel di sol sepatu, terlebih ketika Anda bermain dalam kondisi hujan. Tanah pasti akan menempel di sol sepatu. Agar dapat membersihkannya, Anda dapat menyikat seluruh bagian sol hingga tanah tersebut hilang. Hindari menepuk-nepuk bagian sol di permukaan yang keras, hal tersebut dapat membuat spul rusak,
  • Membersihkan bagian dalam. Untuk pembersihan bagian dalam, Anda dapat mengambil kain bersih, mencelupkan kain tersebut dengan sabun, dan gunakan kain untuk membersihkan bagian dalam dari sepatu Anda.

 

Hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk mencuci sepatu bola ialah menggunakan mesin cuci. Jangan sekali-kali menggunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu Anda. Pencucian dengan menggunakan mesin cuci dapat merusak sepatu yang Anda miliki. Lebih baik membersihkan sepatu dengan cara manual agar tetap awet. Jadi, apakah Anda masih bingung untuk membersihkan sepatu sepak bola? Jika Anda sering menggunakan sepatu ini, Anda juga harus sering melakukan pembersihan. Selamat mencoba.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *