Awas! Flu Merusak Harimu

By | 29 June 2016

flu-di-kantor-140128b

Apa yang anda rasakan ketika flu hadir di antara rutinitas kita? Yap, begitu mengganggu. Bukan hanya kita yang merasakan ketidaknyamanan ketika flu mendera. Tetapi orang disekitar pun risih dan terganggu dengan flu yang kita rasakan. Sebenarnya apa yang menyebabkan kita terkena serangan flu? Dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini akan kita bahas lebih lanjut.

Flu atau Influenza adalah serangan virus yang menginfeksi sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Gejala yang ditimbulkan akibat flu sangat beragam. Diantaranya, sakit kepala, demam, batuk-batuk, pegal-pegal, serta sakit tenggorokan, terkadang kehilangan nafsu makan. Bagaimana virus menginfeksi tubuh anda sehingga terserang flu? Anda hanya mengalami gejala dalam beberapa hari saja setelah pertama kali terinfeksi. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh telah menurun akibat dari tercemarnya lingkuan anda dan atau tubuh anda sedang lelah sehingga sistem kekebalan tubuh tidak dapat melawan virus yang menyerang tubuh.

Berikut ini saya akan coba sharing sedikit pengetahuan yang saya miliki berdasarkan pengalaman dan ilmu pengetahuan dari beberapa dokter yang pernah saya tanya ketika saya terserang flu, yaitu bagaimana cara mencegah flu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Selalu menjaga kebersihan, menjaga kebersihan tubuh seperti mencuci tangan dan muka kita setelah bepergian. Tetunya debu dan kotoran akibat polusi udara ketika di jalan sangatlah beresiko mengandung kuman yang menyebabkan terganggunya daya tahan tubuh kita. Setelah menjaga kebersihan tubuh, kita patut menjaga kebersihan lingkungan dimana kita berada. Seperti lingkungan rumah, lingkungan kerja, lingkungan dimana kita banyak menghabiskan hari untuk melakukan rutinitas.
  • Menggunakan penutup mulut dan hidung sebelum bepergian seperti masker dan sebagainya.
  • Pastikan anda mengkonsumsi asupan gizi dan vitamin yang seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan gizi dan vitamin yang seimbang mampu meningkatkan sel antibody yang dapat menetralisir sel aneh yang diduga sebagai toksin.
  • Istirahat yang cukup, hindari begadang. Istirahat yang cukup dapat membantu melancarkan peredaran sel darah merah. Sehingga wajah terlihat fresh tidak pucat. Wajah pucat indikasi peredaran darah merah terganggu dan mengakibatkan anda mudah terserang penyakit seperti flu dan lainnya.
  • Perbanyak minum air putih (jangan sampai kurang minum air mineral).
  • Olahraga yang teratur.

Demikian tips mencegah flu yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman dan informasi dokter ketika saya berobat dengannya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *