Apakah sering buang air besar gejala dari kanker usus?

By | 27 November 2015

Apakah anda sering buang air besar dengan disertai darah pada kotoranya ? Jika ya, maka segeralah menemui dokter ataupun ke rumah sakit terdekat karena bisa jadi itu adalah gejala dari kanker usus besar. Kanker itu sendiri merupakan kanker yang menyerang usus besar yang merupakan bagian terakhir dari pencernaan manusia. Penyakit ini juga mampu diidap oleh segala usia dan tidak memperdulikan gender, meski demikian berdasarkan data yang ada pengidap kanker usus besar didominasi oleh orang yang berusia diatas 60 tahun yaitu hingga mencapai 90%.

Kanker usus besar sendiri pada awalnya akan membentuk gumpalan-gumpalan sel yang berukuran kecil atau bisa disebut dengan polip adonema. Kemudian gumpalan-gumpalan tersebut akan menyebar secara tidak terkendali seiring berjalannya waktu.

Seperti kebanyakan penyakit yang lainnya, kanker usus besar juga memiliki gejala. Berikut adalah gejalan-gejalanya.

  • Perut kembung
  • Nyeri pada bagian perut
  • Tubuh selalu merasa lelah
  • Menurunya berat badan
  • Berubahnya tekstur kepadatan kotoran
  • Terdapat darah pada kotoran maupun pendarahan di daerah anus
  • Hilangnya nafsu makan

Tetapi tidak semua penderita kanker usus besar akan mengalami gejala itu semua. Terdapat juga penderita yang memiliki gejala yang telah disebutkan di paragraf pertama, tetapi ada juga yang buang air besar tidak mengeluarkan darah namun merasakan rasa nyeri yang luar biasa pada perutnya.

Sering buang air besar sendiri juga bisa saja hanya terkena diare, oleh karena itu untuk mencegah penyakit pada pencernaan kita. Maka biasakanlah mencuci tangan sebelum makan dengan sabun cair Lifebuoy yang terbukti secara klinis dapat menghilangkan 99.9% kuman penyebab penyakit pencernaan. Ingat semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan pasti datang dari makanan yang kita makan dan kebiasaan buruk, yaitu tidak menjaga kebersihan. Selain itu mandi juga sangat penting guna menjaga kebersihan tubuh kita, jadi bersihkan tubuh mandi secara menyeluruh tiap 2 kali sehari agar anda dan keluarga terhindar dari segala jenis penyakit, terutama kanker usus besar.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *