Ada apa di Komodo National Park Indonesia?

By | 29 November 2016

Bicara tentang keindahaan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang tidak ada bandingannya di tempat lain. Bahkan beberapa tempat wisata di Indonesia pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia, misalnya saja Candi Borobudur dan Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Pulau Komodo berada di Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. Tempat ini adalah habitat asli dari komodo, sebuah reptil raksasa yang memiliki ukuran antara 2-3 meter. Berat hewan purba ini bisa mencapai 150 kilogram. Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pulau ini untuk melihat binatang yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini. Habitat komodo adalah di alam terbuka yang memiliki padang rumput, pantai, batu karang dan hutan hujan. Komodo merupakan jenis hewan karnivora, yaitu hewan yang suka memakan daging.

komodo

Komodo National Park memiliki 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Selain ketia pulau utama itu terdapat juga banyak pulau kecil lainnya. Di kawasan Komodo National Park, Anda juga bisa melihat beberapa hewan lain seperti ular, kera, banteng liar, kuda dan babi hutan. Anda juga bisa melihat aneka species burung di sini. Taman ini memang terletak di kawasan Wallacea  sehingga flora dan fauna yang beragam. Di taman ini terdapat empat kampung. Pulau Komodo terdapat 1kampung yaitu kampung Komodo. Sementara di  Pulau Rinca terdapat dua kampung yaitu kampung Rinca dan kampung Kerora.

Aktifitas apa saja yang bisa Anda lakukan di Komodo National Park Indonesia?

  1. Melihat komodo
    Aktifitas utama yang dilakukan di sini sudah pasti melihat komodo dari dekat. Untuk menyaksikan komodo dari dekat, Anda akan ditemani oleh pawang. Mereka akan memastikan Anda tidak diserang oleh komodo yang berkeliaran dengan bebas di pulau ini. Jadi Anda akan aman walaupun berada banyak komodo di sini. Pastikan Anda mematuhi perintah pawang atau yang biasa disebut Jagawana jika ingin selamat.
  2. Snorkeling dan Diving
    Di sini terdapat sebuah pantai bernama Pink Beach yang memiliki pantai dangkal dan terumbu karang yang cantik. Pulau ini memiliki ratusan species terumbu karang dan ribuan species ikan. Karena pemandangan bawah lautnya yang bagus, lokasi ini banyak digunakan oleh wisatawan untuk diving dan juga snorkeling.

 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Taman Nasional Komodo. Harap perhatikan keselamatan Anda saat berwisata di sini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.