Cara Membersihkan Noda Tinta di Baju

By | 29 November 2016

Senang rasanya ketika di kecil sudah mulai bisa belajar menulis. Dia mulai menggunakan pensil, pulpen bahkan spidol untuk belajar menulis. Hanya saja terkadang dia tidak menggunakan alat tulis tersebut pada tempatnya. Mereka asyik mencoret-coret tembok, kasur, sofa bahkan pakaian. Terkadang timbul rasa kesal saat di pakaiannya muncul beberapa goresan tinta pulpen atau tinta spidol.

Noda tinta juga bisa terjadi pada orang dewasa yang biasa meletakkan pulpen di saku baju. Jika pulpen bocor dan sedang berada di saku baju akan membuat saku Anda terkena noda tinta. Saya pun beberapa kali mengalami kejadian ini.

Bagaimana cara menghilangkan noda tinta di baju? Sebenarnya menghilangkan tinta di baju tidak terlalu sulit asalkan segera ditangani. Tinta yang ada di baju membutuhkan cara khusus untuk menghilangkannya.

noda-tinta

Berikut ini saya berikan beberapa cara mencuci baju yang bersih jika terkena tinta.

  1. Pisahkan pakaian yang terkena tinta dengan pakaian lain
    Agar noda tidak menyebar ke pakaian lain, Anda wajib memisahkan pakaian yang terkena noda tinta ini.
  2. Segera tangani pakaian yang terkena tinta
    Sebaiknya segera tangani pakaian yang terkena noda tinta. Semakin cepat ditangani, semakin mudah noda dihilangkan. Bersihkan noda tinta yang masih basah menggunakan tisu.
  3. Rendam pakaian dengan deterjen
    Segera rendam pakaian dengan deterjen dan biarkan selama beberapa saat sampai deterjen bekerja secara optimal
  4. Jangan dicuci sebelum noda tinta benar-benar hilang
    Jika noda tinta belum benar-benar hilang, jangan gunakan mesin cuci untuk mencucinya. Penggunaan mesin cuci akan mengakibatkan noda menyebar ke pakaian lainnya.

 

Ternyata ada banyak bahan-bahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan noda tinta di baju. Inilah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan tinta

  1. Alkohol
    Anda bisa mengoleskan alkohol ke cotton buds untuk membersihkan noda tinta yang melekat pada pakaian.  Ulangi langkah ini beberapa kali sampai noda tinta berkurang bahkan menghilang dari pakaian Anda.
  2. Air Susu
    Panaskan susu sampai suam-suam kuku lalu rendam pakaian yang bernoda tinta ke dalam susu hangat tersebut.
  3. Tiner
    Tinta bisa dihilangkan menggunakan tiner. Jika noda sedikit Anda bisa membeli tiner di toko buku. Oleskan tiner pada bagian yang terkena tinta.
  4. Pasta gigi
    Oleskan pasta gigi atau odol pada noda agar tinta hilang. Tepuk noda dengan jari kemudian dibilas menggunakan air.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda tinta pada pakaian. Semoga berguna bagi Anda yang membutuhkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.