5 SOLUSI YANG BISA MEMBANTU KAMU MEMBUAT ONLINE SHOP

By | 23 November 2017

Jika kamu sedang berpikir atau memiliki keinginan untuk mulai berbisnis online, mulailah mencari solusi membuatnya. Tentunya, hal itu dapat dimulai dari banyak hal. Berikut ada beberapa solusi yang mungkin dapat membantu Anda untuk memulai usaha online shop yang akan digeluti.

  1. Temukan Terlebih Dahulu ‘Passion’ Anda

Salah satu hal terpenting untuk membuat online shop dan terjun di dalamnya ialah Anda sudah memiliki dan menemukan passion yang sesungguhnya. Passion berasal dari diri sendiri, tidak dari saran orang lain atau hanya sebatas ikut–ikutan saja. Misalnya, jika Anda memiliki passion di bidang makanan, Anda bisa memulai bisnis online shop yang menjual makanan dengan konsep berbeda dan belum pernah ada sebelumnya. Atau, jika memiliki passion dalam bidang fashion, Anda pasti akan lebih nyaman berbisnis online dalam bidang tersebut. Intinya, bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion pastinya akan lebih menyenangkan sehingga membuat Anda tidak mudah menyerah bila menemui kesulitan.

 

  1. Tentukan Sarana yang Paling Tepat

Jika Anda sudah menemukan passion dan menentukan jenis produk yang akan dijual, jangan melupakan hal ini. Anda harus menemukan sarana apa yang paling tepat untuk digunakan sebagai alat dalam memasarkan produk jualan Anda. Berbeda dengan toko fisik yang bergantung pada datangnya pembeli secara langsung, bila di toko online, Anda bisa memiliki banyak pilihan dalam menjual produk. Beberapa diantaranya adalah memiliki website dengan domain sendiri, membuka toko atau lapak di marketplace online, atau menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, ataupun Kaskus.

 

  1. Memiliki Tim dengan Keahlian yang Mendukung

Hal ini tidaklah kalah penting. Untuk membangun sebuah bisnis ataupun toko online yang sukses, Anda  harus memikirkan siapa–siapa saja yang berkompeten untuk bekerja di belakangnya. Jika Anda sudah berada di antara orang – orang yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang usaha yang akan ditekuni, tunggu apa lagi? Dengan tujuan yang sama, Anda bisa membentuk sebuah tim yang solid dan sukses.

 

  1. Tentukan Target Pasar

Orang yang sukses adalah mereka yang pandai melihat peluang yang ada di sekitarnya. Jika melihat ada banyak mahasiswa di sekitar Anda, Anda bisa membuka toko online yang menjual alat–alat yang mendukung perkuliahan. Penting untuk mengetahui siapakah target pasar yang kita miliki, agar produk kita nantinya tidak jadi ‘salah sasaran’.

 

  1. Temukan Strategi Pemasaran Terbaik

Saat ini, cara memasarkan suatu produk sudah sangat berkembang dan kadang – kadang tidak terpikirkan. Jika Anda membuka toko online, jangan pernah abaikan kekuatan dari strategi pemasaran yang baik. Jika Anda mengetahui strategi yang tepat, maka tidak sulit untuk menarik perhatian dari banyak orang yang nantinya akan membeli produk Anda. Pemasaran yang baik bisa dilakukan bisa melalui sosial media, mulut ke mulut (word of mouth), membayar biaya iklan, dan lain sebagainya.

 

Nah, beberapa solusi di atas ada baiknya jika Anda pelajari lebih lanjut dengan pakar atau tenaga ahli yang lebih berkompeten di bidangnya agar apa yang Anda pelajari dapat lebih terarah. IDS | International Design School menawarkan solusi – solusi tersebut yang dapat Anda ikuti dalam bentuk kelas ‘Digital Marketing’. Di mana Anda bisa mempelajari seputar  pencarian online organik maupun berbayar (SEO dan SEM), social media (Facebook, Youtube, dan Instagram), jenis-jenis content marketing, growth hacking strategy, dan masih banyak strategi lain yang bisa didapatkan. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa mengakses situs Instagram, facebook, dan web kita di www.idseducation.com kapan pun dan di mana pun.  Selamat mencoba, semoga sukses!

 

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *