4 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Toko Online

By | 19 August 2016

Seseorang membuka sebuah toko, baik itu toko online maupun toko online pasti bertujuan mendapatkan keuntungan alias profit. Profit ini bisa didapatkan dengan cara meningkatkan omset. Semakin besar omset, maka profit pun semakin besar. Nah untuk mendapatkan omset, pastinya harus terjadi penjualan. Meminjam istilah mentor saya, “no selling dying”. Sebagai pemilik toko online sayapun setuju dengan istilah itu. Tanpa adanya penjualan, maka bisnis akan mati. Walaupun belum mati, mungkin jalannya akan terseok-seok.

toko-online

Di sini saya akan membagikan beberapa tips untuk meningkatkan omset penjualan toko online Anda. Tips yang saya tulis di sini berdasarkan pengalaman saya yang sejak tahun 2012 menjalankan toko online.

Berikan pelayanan terbaik kepada customer
Sejatinya transaksi di toko online terjadi tanpa adanya interaksi antara customer dengan customer service. Customer bisa memilih barang yang ingin dibeli, checkout dan langsung melakukan pembayaran. Akan tetapi kebanyakanya customer di Indonesia tidak terbiasa dengan cara itu, mereka lebih suka melakukan order melalui instan messaging seperti BBM, Whatsapp ataupun Line.
Jika customer bertanya melalui instan messaging, maka customer service harus memberikan pelayanan terbaik. Customer service harus ramah melayani pembeli, cepat dalam menanggapi pertanyaan customer dan jujur dalam memberikan informasi produk. Kalo customer service nya jutek, customer akan malas melanjutkan transaksi

Berikan voucher diskon
Siapa sih yang gak suka dikasih voucher belanja yang berisi penawaran diskon? Rasanya gak ada yang menolak nih kalo dikasih voucher. Ini juga merupakan salah satu cara menambah omset penjualan. Dengan adanya diskon, transaksi penjualan semakin banyak. Pemberian diskon memang akan menurunkan profit kita, misalnya yang seharusnya profit Rp 30.000 menjadi Rp 25.000. Tapi perlu diingat dengan adanya voucher diskon jumlah barang yang dijual semakin banyak, biasanya terjual 10pcs menjadi 20pcs. Tetap banyak kan profitnya? Biasanya saya memberikan voucher diskon saat ada event tertentu seperti idul fitri, hari kemerdekaan ataupun tahun baru.

Jual produk dengan kualitas baik
Customer akan repeat order atau membeli lagi produk kita jika mereka merasa puas dengan kualitas produk yang dibelinya. Oleh karena itu pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Jika produk yang Anda jual adalah barang kw, jangan katakan itu adalah barang ori.

Perbanyak Reseller
Menurut saya, ini adalah tips paling ampuh untuk meningkatkan omset penjualan. Jangan bekerja sendirian untuk meningkatkan omset. Di luar sana banyak orang yang ingin mendapatkan uang tanpa harus keluar modal, salah satunya adalah dengan menjadi reseller. Reseller ini bisa menjadi tim penjualan Anda, karena reseller akan membantu kita mempromosikan produk yang kita jual. Berikan harga khusus untuk reseller

 

Itulah 4 cara meningkatkan omset penjualan toko online Anda. Semoga informasi ini berguna bagi Anda pemilik toko online

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.