Yuk, Hemat Listrik dengan Cara Cerdik Berikut

By | 1 February 2018

Listrik memang kebutuhan rumah tangga yang wajib ada. Tapi terkadang besarnya tagihan listrik di akhir bulan membuat kepala pusing tujuh keliling. Belum lagi jika Anda harus sewa genset besar dan kecil karena habis menyelenggarakan acara. Perkara listrik pun menjadi drama rumah tangga tersendiri.

hemat listrik

hemat listrik

Nah, sudah saatnya Anda menghemat penggunaan listrik di rumah. Bagaimana caranya? Ada banyak sekali caranya, kok. Anda hanya perlu sosialisasikan saja ke seluruh anggota keluarga untuk mau hidup hemat listrik. Penasaran apa saja caranya? Simak beberapa cara berikut ini

 

Pilih peralatan rumah tangga yang hemat listrik

Anda dapat menggunakan berbagai peralatan rumah tangga yang hemat listrik agar dapat menekan biaya tagihan. Kini sudah banyak produk elektronik yang menawarkan fitur hemat listrik sekaligus ramah lingkungan. Sebagai contoh, pilihlah AC yang memiliki fitur hemat energi. Atau jika ingin membeli microwave, pilih yang memiliki konsumsi daya rendah.

 

Gunakan alat penghemat listrik

Supaya lebih hemat, gunakan energy saver atau alat penghemat listrik pada rumah Anda. Alat ini dapat menekan biaya pemakaian listrik hingga 40 persen, lho. Alat ini berbentuk kapasitor mini yang berfungsi untuk menekan jumlah arus boros pada peralatan listrik yang terpasang. Lebih hemat listrik? Tentu saja.

 

Buat desain rumah yang hemat energi

Untuk Anda yang akan membangun rumah, sebaiknya ciptakan konsep hunian yang hemat energi dan ramah lingkungan. Misalnya dengan memperbanyak bukaan seperti jendela atau ventilasi sehingga cahaya dapat bebas masuk tanpa harus menyalakan lampu di siang hari. Ventilasi ini pun berguna agar sirkulasi udara di rumah Anda berjalan dengan lancar. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menyalakan AC terlalu sering agar tidak boros listrik.

 

Mencoba hidup tanpa listrik

Eits, tenang saja. Kita tetap bisa, kok, hidup tanpa listrik untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga. Misalnya seperti mencuci baju dengan tangan dan mengeringkan dengan cara memeras manual, membersihkan lantai dengan sapu bukan dengan vacuum cleaner, hingga menanak nasi dengan dandang tradisional bukan dengan rice cooker. Selamat mencoba!

Untuk sewa genset di jakarta anda bisa kunjungi web Sewatama

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *