Tips Memilih Mesin Cuci Piring

By | 5 October 2016

Pada artikel sebelumnya saya pernah menuliskan step by step cara mencuci piring menggunakan tangan. Dahulu semua orang mencuci piring menggunakan tangan, tapi sekarang teknologi semakin berkembang. Saat ini sudah hadir yang namanya mesin cuci piring yang bisa memudahkan anda dapat membersihkan piring. Mesin pencuci piring bisa melakukan semua proses membersihkan piring kotor, mulai dari membasahi piring, menyabun piring, membilas piring, sampai mengeringkan perabotan makan dan perkakas masak. Dengan adanya mesin ini, pekerjaan mencuci piring semakin mudah dan hemat waktu. Saat mesin cuci piring ini membersihkan peralatan makan, kita bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

mesin-cuci-piring

Kelebihan lainnya adalah penggunaan mesin cuci piring akan menghemat penggunaan air. Beberapa jenis mesin cuci memiliki mesin pemanas yang bisa memanaskan hingga suhu 70 derajat, sehingga pada saat pencucian piring akan mematikan bakteri e-coli yang dapat menyebabkan penyakit kolera, diare dan demam tifoid.

Saat ini ada beberapa produsen yang sudah memproduksi mesin cuci piring, diantaranya adalah merek Modena, Oxone, Panasonic dan Ariston. Harganya pun beragam tergantung dari tipe dan mereknya. Yang paling mahal bisa mencapai harga belasan juta rupiah, cocok dipakai jika kita punya restoran.

Kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara mencuci piring menggunakan mesin cuci piring. Bagi anda yang ingin membeli mesin cuci piring, berikut ini saya rangkum beberapa tips memilih mesin cuci piring.

  1. Ukuran mesin cuci piring

Sebelum membeli mesin cuci piring, pertimbangan utama adalah berapa ukuran mesin tersebut. Ada yang ukuran kecil dan ada yang ukuran besar. Ada mesin cuci piring yang muat diletakkan di atas wastafel, ada juga yang ukurannya besar seperti mesin cuci baju. So, sebelum membeli tentukan alat tersebut akan diletakkan di mana dan untuk keperluan apa.

  1. Desain

Mesin cuci piring tersedia dalam beberapa pilihan jenis bahan dan warna. Tapi warna yang paling banyak dipilih adalah warna hitam atau putih. Mesin pencuci piring ada yang terbuat dari plastik, tapi ada juga yang memiliki lapisan luar yang terbuat dari stainless steel.

  1. Tipe

Mesin cuci piring memiliki beberapa tipe sesuai kebutuhan kita. Ada beberapa desain yang bisa dipilih, yaitu built-in, portable dan countertop. Masing-masing jenis ini memiliki fitur yang pasti berbeda satu sama lainnya.

 

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan saat akan membeli sebuah mesin cuci piring. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang membutuhkan.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *