Tips Membersihkan Karpet Agar Tetap Awet

By | 13 September 2016

rahasia-karpet-selalu-bersih-dan-cara-membersihkannya

Karpet adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang membuat nyaman anda ketika berada di dalam rumah. Karpet dapat memanjakan anda ketika bersantai bersama keluarga di atas lantai yang dingin. Dengan tekstur bulu yang beragam pada karpet membuat kita harus berhati-hati dalam merawatnya. Salah satu perawatan pada karpet yaitu dengan cara membersihkannya. Kali ini saya akan menulis tentang tips agar karpet kesayangan kita tidak rusak karena kurang tepat dalam cara membersihkannya. Jika Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, Anda bisa menggunakan Jasa Cuci Karpet Jakarta yang saat ini mudah ditemukan.

Perawatan karpet sehari-hari tidak perlu dicuci,  jika hanya untuk membersihkan debu saja. Namun lain halnya jika karpet anda terkena noda dan perlu untuk dicuci. Berikut ini tips nya :

  1. Perhatikan produk pembersih yang akan digunakan, baca aturan pakai pada kemasan.
  2. Basahi secukupnya karpet yang terkena noda. Jangan sampai karpet terlalu basah karna dapat mengakibatkan karpet berjamur.
  3. Setelah itu jemur karpet anda dibawah sinar matahari langsung.
  4. Gunakan penghisap debu dengan ujung yang berbulu tipis. Hindari bagian rumbai-rumbai pada karpet anda agar tidak rusak terhisap mesin.
  5. Gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran rambut atau bulu binatang peliharaan dengan cara menyikatnya secara perlahan.

 

Mencuci Karpet dengan Menggunakan Mesin Cuci

Sebagian orang terkadang mencuci karpetnya menggunakan mesin cuci. Tapi bolehkah anda megikutinya? Hal yang perlu diperhatikan yaitu jenis karpet anda yang memiliki tingkat kekuatan pada rajutan dan bahannya. Karpet permadani yang terbuat dari bahan anyaman dan tenun biasanya cukup tangguh untuk bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Bisa juga pencucian karpet dalam mesin cuci dibungkus menggunakan sarung bantal untuk melindungi bagian bulu karpet agar tidak rusak. Namun sebaiknya baca label yang terdapat pada karpet tersebut untuk mengetahui aturan perawatannya.

 

Mencuci Karpet Berbulu Sensitif

 Perlu kehati-hatian ekstra untuk membersihkan karpet jenis ini. Anda dapat mengira-ngira sendiri apakah karpet anda termasuk jenis ini atau bukan. Untuk membersihkan karpet dengan bulu sensitif anda harus berhati-hati dalam menentukan jenis pembersih dan alat pembersihnya. Akan lebih baik anda menggunakan jasa pencucian karpet yang professional untuk memberikan rasa aman anda terhadap karpet kesayangan yang anda miliki. Namun bukan berarti anda tidak boleh mencuci sendiri. Berikut ini tips jika anda ingin membersihkannya sendiri:

  1. Untuk perawatan sehari-hari anda dapat mengibas karpet anda di luar rumah menggunakan sapu lidi atau sejenisnya untuk mebuang debu-debu yang hinggap pada permadani anda. Tepuk secara perlahan agar tidak merontokan bulu permadani yang halus.
  2. Menggunakan penyedot debu, gunakan penyedot debu dengan ujung berbulu tipis.
  3. Untuk menghilangan noda, anda dapat menggunakan campuran sedikit deterjen dan air hangat serta disikat secara perlahan dengan sikat berbulu halus atau spons pencuci piring.
  4. Untuk menghilangkan bau, taburi karpet dengan bedak bayi dan didiamkan beberapa saat agar harumnya melekat di karpet anda. Atau disemprot dengan pewangi kain sedikit demi sedikit agar karpet tidak terlalu lembab.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *