Tips Membeli Mobil Bagi Pemula

By | 3 July 2016

showroom

Memiliki kendaraan roda empat yang satu ini merupakan salah satu impian bagi siapa saja. Anda pasti pernah berangan-angan untuk memiliki kendaraan yang satu ini. Tak sedikit perusahaan mobil menyediakan produk dengan keanekaragaman kelas atau segmen pada masing-masing produk. Mulai dari kelas menengah kebawah sampai kelas elit. Dan segmennya pun begitu beragam. Mulai dari kalangan pebisnis, hobi atau pecinta dunia otomotif, atau bahkan kalangan urban yang ingin memiliki kendaraan ini dengan berorientasi keluarga. Ya, atas dasar keanekaragaman tersebut saya akan memberikan sedikit tips bagi anda para pemula yang ingin memiliki kendaraan roda empat ini agar tidak ada rasa kecewa usai mendapatkan mobil yang diinginkan. Maklum saja, kendaraan ini bukanlah barang murah. Oiya untuk mobil baru, Anda bisa langsung datang ke showroom terdekat. Untuk mobil bekas silakan cari mobil dijual di internet. Hehe, langsung saja simak tips berikut ini.

  1. Memiliki pengetahuan dasar.

Memiliki pengetahuan dasar mengenai model dan fitur kelengkapan yang terdapat pada mobil sangatlah penting. Lantaran, masing-masing varian mobil memiliki tipe yang berbeda-beda. Jangan sampai karna kekurangan informasi dan pengetahuan membuat anda menyesal setelah membelinya. Anda minimal mengetahui dengan pasti model dan tipe dari mobil yang ingin dimiliki. Setelah itu yang tak kalah penting ialah perlengkapan apa saja yang harus ada dan bawaan dari mobil yang akan anda beli. Jangan sampai karna ketidak tahuan anda malah jadi dirugikan karena ada perlengkapan yang tidak diberikan.

 

  1. Mempersiapkan dana / anggaran minimal 20 persen dari harga mobil.

Mempersiapkan dana atau anggaran minimal 20 persen yaitu bertujuan untuk mempersiapkan untuk pembayaran dimuka sebagai tanda jadi ketika anda bertransaksi.

 

  1. Perhatikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) serta Pajak Tahunan Mobil.

Anda sebagai calon pemilik mobil harus mengetahui sebelumnya mengenai pajak yang harus anda bayar. Anda harus jeli dalam memperhatikan hal ini. Terkadang untuk mobil dengan harga sama memiliki perbedaan dalam kewajiban pajak yang harus dibayar.

 

  1. Libatkan orang terdekat disekitar anda.

Pastikan orang terdekat anda terilibat dalam peroses memilih kendaraan tersebut. Ajak orang tua anda. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Tanya pendapat mereka tentang warna dan modelnya, meski hal ini hanya sebagai bentuk basa-basi agar mereka merasa memiliki meskipun anda telah menentukan model dan warna apa yang akan anda beli.

 

  1. Lakukan uji coba kendaraan (Test Drive)

Lakukan uji coba kendaraan untuk menambah keyakinan anda untuk memiliki mobil tersebut. Anda harus pastikan bahwa mobil yang akan anda miliki mampu memberikan rasa nyaman, aman, menambah rasa percaya diri dan tidak ada penyesalan ketika memilikinya nanti.

Demikian tips membeli mobil baru bagi pemula. Tulisan ini hanya sebagai tips yang tidak semua hal mesti anda ikuti. Namun kami berharap dengan tulisan ini dapat sedikit membantu anda yang kebetulan sedang mencari mobil untuk pertamakalinya.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *