Tingkatan Kolesterol Normal yang Harus Diketahui

By | 8 January 2018

Kolesterol adalah salah satu zat gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Tetapi kadar kolesterol normal harus dijaga. Jika terlalu banyak malah bisa menjadi masalah bagi kesehatan tubuh. Aliran darah pada tubuh malah akan tersumbat yang bisa terjadi komplikasi.

Kolesterol normal dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Melakukan pemeriksaan ini bisa mengetahui kadar kolesterol dan juga batas toleransi dinyatakan normal dan aman. Berikut ini kadar kolesterol normal dalam tubuh manusia :

  1. Kadar kolesterol kurang dari 200 gm/dl.

Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dl merupakan kadar normal yang harus dijaga. Jika kadar yang terdapat pada LDL, HDL dan juga Trigliserida adalah kurang dari 200 mg/dl. Maka ini  tidak akan beresiko terserang penyakit jantung.

  1. Kadar kolesterol 200 – 239 mg/dl

Kadar ini adalah kadar yang cukup. Tetapi untuk kadar LDL, HDL dan juga Trigliserida agar tidak akan ada kemungkinan adanya penyakit jantung.

  1. Kadar kolesterol lebih dari 240 mg/di

Ini merupakan darak kolesterol yang tidak normal. Sehingga bisa saja beresiko tinggi mengakibatkan penyakit jantung. Kadar yang dimiliki manusia seperti ini akan sangat berbahaya. Kadar ini bisa beresiko 2 kali lebih besar akan terkena serangan jantung.

  1. Kadar HDL

Jika kadar HDL yang dimiliki tubuh semakin tinggi, maka semakin kecil resiko terkena serangan jantung. Kadar HDL yang normal dimiliki pria adalah 40-50 mg/dl. Sedangkan untuk wanita adalah 20-60 mg/dl.

  1. Kadar LDL

Jika dalah tubuh LDL memiliki kadar yang kecil maka semakin besar terkena penyakit jantung. Yang baik kadar yang harus dimiliki adalah kurang dari 100 mg/dl.

  1. Kadar trigliserida

Jika kadar trigliserida maka akan semakin meningkat juga kadar kolesterol. Biasanya faktor yang menyebabkannya adalah kegemukan. Selain itu juga sering mengkonsumsi alcohol dan juga makanan yang berlemak.

Berikut tadi beberapa kadar kolesterol normal yang bisa diketahui. Dengan demikian akan bisa lebih mudah dalam mengendalikan kadar kolesterol tersebut. Setidaknya dapat mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Semoga apa yang disampaikan di atas tadi bisa bermanfaat. Atau bisa kunjungi situs https://www.guesehat.com/mengontrol-kadar-kolesterol-dan-kesehatan-tubuh

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *