Tak Hanya Data Pembiayaan KPR, Namun Kejujuran Informasi Kredit Juga Penting

By | 8 March 2018

Memiliki rumah menjadi salah satu keinginan bagi setiap orang terutama yang hendak berkeluarga. Namun, harga rumah yang semakin lama semakin tinggi mau tidak mau membuat sebagian besar orang harus membeli rumah dengan cara kredit. Sebelum mengajukan kredit selain Anda harus mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitor ke kreditor yang dipilih serta berapa banyak dana yang harus Anda siapkan untuk bisa melakukan kredit, minimal untuk DP dan angsuran pertama, informasi data pembiayaan KPR juga harus Anda ketahui.

 

Dengan mengetahui data dari pembiayaan KPR tersebut, Anda bisa mengetahui stastik pertumbuhan kredit KPR sehingga bisa membantu Anda menyiapkan berapa dana yang Anda butuhkan untuk melakukan kredit rumah. Pertumbuhan pembiayaan tersebut biasanya akan dihitung per bulannya sehingga Anda bisa lebih mudah mempersiapkan dana atau pertimbangan lainnya sebelum kredit rumah diambil.

 

Data mengenai KPR tersebut bisa Anda dapatkan di kreditor yang akan Anda pilih atau dengan menggunakan platform lainnya misalnya di House Financing Information System SMF atau yang lebih dikenal dengan HFIS-SMF. Di HFIS-SMF Anda bisa melihat data indikator pasar mengenai pembiayaan perumahan secara detail. Di tempat ini, informasi terkait KPR bisa Anda cari atau melihat perkembangan pembiayaan KPR per bulannya misalnya perkembangan di tahun 2017 yang lalu.

 

Sebelum melakukan kredit rumah, melihat data pembiayaan KPR seperti di HFIS-SMF memang penting untuk persiapan yang lebih matang namun saat mengajukan kredit tersebut Anda tidak boleh berbohong. Jika saat pengajuan kredit rumah ditemukan data yang tidak valid oleh pihak kreditor ketika verifikasi, maka terdapat konsekuensi yang harus Anda terima. Konsekuensinya, Anda bisa saja dibawa ke meja hijau karena telah melanggar undang-undang hukum pidana, tidak diperkenankan mengajukan kredit untuk jangka waktu yang telah ditentukan ataupun konsekuensi yang lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena hal tersebut, maka sebelum Anda mengajukan kredit rumah, pastikan Anda melihat data yang Anda lampirkan dan masukkan dalam form pengajuan kredit sebelum menyetujuinya.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *