Perkembangan Janin pada Trimester Kedua

By | 21 August 2017

Perkembangan janin dari minggu ke minggu dibagi menjadi 3 periode yaitu trimester pertama (dimulai dari proses konsepsi sampai sampai minggu kedua belas kehamilan), trimester kedua (minggu ketiga belas sampai minggu kedua puluh tujuh kehamilan) dan trimester ketiga (minggu dua puluh delapan kehamilan sampai melahirkan).

Jika pada trimester pertama ibu sering merasakan mual dan pusing, maka hal itu semakin berkurang pada trimester kedua. Hal lain yang terjadi pada trimester kedua adalah perut yang semakin membesar seiring membesarnya janin dalam kandungan. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana tahapan perkembangan janin  pada trimester kedua, silakan baca kelanjutan artikel ini

ibu hamil

ibu hamil

 

Minggu 15 sampai 16 kehamilan

Pada tahap awal trimester kedua ini, janin mulai aktif bergerak walaupun gerakannya belum begitu bisa bunda rasakan. Tengkorak kepalanya semakin keras. Selain aktif bergerak, janin juga mulai memiliki kebiasaan menghisap jempolnya sendiri. Kelenjar prostat pada janin laki-laki dan ovarium pada janin perempuan mulai berkembang.

Minggu 17 sampai 18 Kehamilan

Pada tahapan ini janin sudan memiliki kulit yang tipis. Beberapa bagian tubuh mulai terbentuk seperti alis mata, rambut, telinga, mata dan sumsum tulang belakang. Pergerakan bayi semakin aktif dan mulai bisa dirasakan bunda. Janin sudah bisa mendengar suara di luar rahim walaupun masih samar, Bunda bisa mengajak janin anda ngobrol. Ginjalnya sudah bisa memproduksi urin dan di seluruh tubuhnya muncul lanugo atau rambut halus.

Minggu 19 sampai 20 kehamilan

Berat janin sekitar 300-350 gram dan panjang berkisar 20-25 centimeter. Mata sudah mulai berkedip dan bereaksi terhadap cahaya. Lapisan lemak semakin terbentuk dan menjaga bayi tetap hangat. Janin sudah bisa bisa mendengar detak jantung bunda. Kulit janin semakin tebal dan sumsum tulang belakangnya sudah bisa memproduksi sel darah.

Minggu 21 sampai 22 Kehamilan

Alat kelamin sudah sempurna sehingga ketika Bunda melakukan pemeriksaan USG, jenis kelamin bayi sudah bisa diketahui. Indra pengecap dan perasa sudah mulai berkembang. Tangan dan jari tangannya sudah terbentuk sempurna dan bahkan pada usia ini janin sudah memiliki sidik jari.

Minggu 23 sampai 25 Kehamilan

Pada minggu ke-25 beratnya bisa mencapai 750 gram dan panjang 30-33 cm. Mata, alis mata dan bulu mata mulai terlihat nyata. Kulitnya berkerut dan terdapat tumpukan lemak di bawahnya.

Minggu 26 sampai 27 Kehamilan

Ini adalah minggu terakhir untuk trimester kedua kehamilan. Berat bayi bisa mencapai 1 kilogram dengan panjang mencapai 35 cm. Perkembangan organ dan sistem imun bayi semakin sempurna.

 

Itulah perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester kedua kehamilan bunda. Semoga informasi ini berguna bagi bunda yang sedang hamil.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *