Penyebab Cacingan Pada Anak

By | 29 January 2018

Cacingan pada anak terjadi akibat adanya parasit berupa cacing pada tubuh anak. Cacingan jangan dinggap sepelu karena anak yang terkena cacingan pertumbuhannya dapat terhambat. Ada beberapa jenis cacing yang bisa hidup dalam tubuh anak, diantaranya adalah cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang, dan cacing pita.

cacingan pada anak

Penyebab Cacingan Pada Anak

Apa saja penyebab anak cacingan? Cacingan bisa terjadi karena tangan yang tidak bersih. Cacingan bisa juga terjadi pada dewasa, tapi kasusnya lebih sering terjadi pada anak karena anak masih tidak terlalu peduli dengan kebersihan. Berikut ini adalah beberapa penyebab cacingan yang umum terjadi

  1. Proses mengolah dan memasak makanan
    Cacing bisa berada dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Proses memasak makanan yang kurang matang menyebabkan cacing masih hidup walaupun makanan sudah dimasak. Contohnya adalah cacing pita yang dapat  hidup di dalam daging sapi atau daging kerbau. Cacing yang masih hidup dapat masuk ke dalam perut bersama makanan. Oleh karena itu sebaiknya masaklah bahan masakan sampai matang agar cacing mati. Proses pencucian makanan dan penyimpanan makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan makanan terkontaminasi dengan telur cacing.
  2. Tangan yang kotor
    Anak-anak pasti seneng banget main kotor-kotoran, terkadang mereka main di tanah atau lumpur. Tanah merupakan tempat hidup cacing.  Setelah bermain tanah, tangan kotor anak terkadang makan tanpa mencuci tangan sehingga telur cacing masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu ingatkan anak-anak untuk mencuci tangan sebelum makan agar telur cacing tidak masuk ke tubuh.
  3. Lingkungan yang tidak bersih
    Lingkungan yang tidak bersih menjadi salah satu penyebab cacingan pada anak. Ada juga beberapa cacing yang larvanya bisa masuk menembus ke dalam kulit melalui telapak kaki. Larva cacing tersebut kemudian terbawa ke pembuluh darah dan menuju ke usus.

 

Agar anak terhindar dari cacingan, pastikan anak Anda tidak bermain di tempat kotor yang bisa menjadi tempat hidup cacing. Biasakan juga anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum mereka makan. Selain itu orang tua harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

 

Gejala Cacingan Pada Anak

Bagaimana cara mengetahui apakah anak Anda terserang penyakit cacingan ini atau tidak? Ada beberapa gejala yang muncul saat anak terkena cacingan

  1. Anus yang terasa gatal
    Anus yang gatal menandakan anak anda terkena cacing kremi. Rasa gatal biasanya muncul saat malam hari.
  2. tubuh kurus
    Cacing yang hidup pada tubuh anak membutuhkan makanan. Cacing mendapatkan makanan dari tubuh anak sehingga nutrisi makanan tidak terserap ke dalam tubuh anak.
  3. Perut terasa sakit, mual dan ingin muntah
    Cacing yang berada dalam tubuh membuat rasa sakit sehingga muncul perasaan tidak nyaman pada anak.

Jika gejala-gejala itu sudah terlihat, maka berikan obat cacing untuk Anak anda.  Semakin cepat diobati semakin bagus. Jangan biarkan keceriaan anak Anda terganggu karena infeksi cacing.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *