Inilah perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari

By | 27 January 2018

Begitu bahagia hati seorang ibu saat bayi yang sudah dikandung selama 9 bulan lahir dengan selamat. Bayi yang baru lahir memiliki berat antara 2,4 kg sampai 4,1 kg. Sementara panjangnya berkisar antara 46 cm sampai 51 cm. Setelah lahir, sebaiknya bayi mendapatkan inisiasi menyusui dini (IMD).  Salah satu manfaat IMD adalah membuat rahim ibu berkontraksi yang sangat  membantu menghentikan pendarahan dan membantu proses pengeluaran kolostrum.

perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari

Perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari harus diperhatikan oleh orang tua. Inilah beberapa hal yang sering dilakukan oleh bayi yang baru lahir.

  • Bayi baru lahir memiliki kulit keriput dan di kulitnya masih ditumbuhi bulu halus. Dalam beberapa hari, bulu halus ini akan hilang dengan sendirinya
  • Bayi baru lahir memiliki gerakan refleks untuk menggenggam, mengisap dan mencari puting.
  • Selama 72 jam sejak dilahirkan, bayi masih bisa bertahan tanpa makan atau minum. Bayi masih menyimpan cadangan makanan di dalam tubuhnya.  Oleh karena itu ibu tidak perlu khawatir jika ASI belum keluar saat bayi baru lahir.
  • Bayi baru lahir sampai beberapa bulan akan sering menangis. Mengapa demikian? Karena menangis adalah cara mereka untuk mengekspresikan kebutuhan mereka. Tangisan mereka bisa jadi mereka haus, lapar, buang air ataupun perasaan tidak nyaman. Sebagai orang tua kita harus sabar menghadapi tangisan bayi sambil mempelajari arti tangisan bayinya.
  • Sampai usia 1 bulan, bayi lebih banyak tidur. Jam tidur bayi masih belum teratur karena dia belum bisa membedakan siang dan malam. Pigmen mata bayi pada usia ini masih belum berkembang sempurna. Jarak pandang bayi masih sangat terbatas.
  • Penglihatan pada bayi umur 2 bulan mulai berkembang. Orang tua bisa memberikan mainan stimulasi yang biasanya digantung di atas box bayi. Biarkan bayi melihat dan bahkan mencoba meraih mainan tersebut.
  • Bayi suka memasukkan benda ke dalam mulut. Ini adalah cara bayi belajar mengenali benda di sekitarnya. Jauhkan benda-benda berbahaya yang kira-kira bisa tertelan dari jangkauan bayi
  • Umur 3 bulan bayi sudah bisa mengenali suara ibunya. Bayi juga sudah bisa berguling ke kanan dan ke kiri. Jika bayi tidak diletakkan di dalam box bayi, letakkan bantal di kiri kanannya agar dia tidak terjatuh.
  • Berikan bayi imunisasi sesuai jadwal yang ada di buku kesehatan yang didapatkan dari dokter atau rumah sakit tempat bayi dilahirkan. Imunisasi sesuai jadwal membuat bayi memiliki daya tahan tubuh lebih kuat

Itulah beberapa perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari sampai beberapa bulan sejak dilahirkan. Luangkan waktu Anda untuk bermain dan ngobrol dengannya. Suara orang tuanya akan membuat dia merasa nyaman dan aman karena bayi sudah terbiasa mendengarnya sejak dalam kandungan. Jika ada permasalahan pada bayi Anda, sebaiknya bawa segera ke dokter.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *