Makanan Untuk Mengontrol Tekanan Darah

By | 4 February 2016

Berbagai gejala klinis hipertensi bisa dirasakan seseorang setelah ia memakan makanan mengandung tinggi sodium secara berlebihan. Makanan merupakan salah satu penyebab melonjaknya tekanan darah tinggi dalam tubuh seseorang. Bagi anda penderita hipertensi atau anda yang ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini, maka anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi. Makanan jenis ini dapat menormalkan tekanan darah anda. saat seseorang terkena penyakit darah tinggi maka ia sudah harus melakukan diet rendah garam, bahkan ia harus menyingkirkan garam dari tempat bumbu masak. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengganti garam dan bumbu lainnya dengan berbagai produk dari Tropicana Slim mulai dari kecap asin, kecap manis, gula tebu, minyak goreng, hingga mie instan dan lainnya agar tekanan darah tetap dalam batas normal. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk penderita hipertensi agar tekanan darah dapat terkontrol.

ukur-tekanan-darah

  1. Kacang almond

Kacang almond selain dapat dinikmati dengan dimakan langsung, anda juga bisa membuatnya sebagai bahan membuat salad. Memakan kacang almond secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol. Kacang almond dapat meningkatkan protein HDL atau kolesterol baik dan menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat.

 

  1. Makanan mengandung sodium rendah

Mengkonsumsi makanan bersodium tinggi hanya dapat membuat anda ketagian dan menimbulkan dehidrasi sehingga mudah merasa haus. Makanan asin dapat menggugah selera penikmatnya dengan menguras cairan dalam tubuh. buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi penderita hipertensi karena mengandung serat alami yang berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi.

 

  1. Daging segar beku

Penderita dapat mengkonsumsi daging yang masih segar atau dibekukan dengan pengolahan yang baik dan benar. Agar tidak memperparah hipertensi, hindari daging yang diasapi atau daging dalam kaleng. Anda bisa memakan daging segar yang diolah dengan cara dipanggang. Daing seperti ini tidak hanya enak, namun juga lebih kaya manfaat karena tidak mengandung sodium.

 

Saat anda merasakan gejala klinis hipertensi seperti mudah kelelahan meski tidak melakukan pekerjaan berat, merasa pusing atau sakit kepala, sering merasa gelisah saat tidur, pandangan mata tidak jelas atau rabun, sering terjadi mimisan dari hidung, kadang-kadang mengalami sulit buang air besar, lebih sensitif dan mudah marah, dan sulit untuk berkonsentrasi maka anda harus segera berkonsultasi ke dokter dan mengatur pola makan. Dan ketahui juga ada gejala lainnya, simak di gejala penyebab penyakit diabetes.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *