Kelemahan Ruang Kerja Terbuka

By | 5 June 2015

Ruang kerja menjadi faktor utama dalam keberhasilan bekerja. Ruang kerja terbuka menjadi salah satu alternatif yang digunakan oleh beberapa kantor untuk mengatur tata ruang kerja mereka. Ruang kerja terbuka merupakan pengaturan ruang kantor dengan menggunakan ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa karyawan. Tata ruang kerja yang terbuka sangat memungkinkan untuk memudahkan komunikasi antar pegawai menjadi lebih mudah dan lancar. Sehingga para karyawan akan lebih aktif dalam bekomunikasi serta lebih kreatif. Namun tetap saja setiap ada kelebihan pasti ada kelemahan, begitu pula dengan ruang kerja terbuka pasti memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Terjadi kegaduhan karena komunikasi yang dijalin sangat lancar dan intens
  2. Konsentrasi yang kurang karena banyaknya orang yang hilir mudik
  3. Sulit sekali untuk merahasiakan pekerjaan yang bersifat rahasia
  4. Pemandangan yang kurang baik karena tata ruang kerja terbuka yang menyebabkan tumpukan dokumen para karyawan menjadi tidak rapi
  5. Kurang efektif diterapkan jika pekerjaan yang dilakukan membutuhkan konsentrasi yang tinggi

Beberapa kelemahan tersebut mungkin bisa dijadikan sebuah pertimbangan sebelum membentuk tata ruang kerja untuk para karyawan. Walau komunikasi memang terjadi dengan lancar namun tidak menutup kemungkinan juga akan menimbulkan efek yang lainnya. Jadi sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu ruang kerja yang akan dibuat.

Share yuk!!

2 thoughts on “Kelemahan Ruang Kerja Terbuka

  1. getRealty Sewa Kantor

    Ruang kerja terbuka di kantor kelebihannya selain memperlancar komunikasi juga menghemat biaya pembuatannya karena tidak diperlukan sekat-sekat atau banyak meja.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *