Hosting Adalah

By | 19 September 2018

Selain domain, salah satu komponen dalam membuat website adalah hosting. Penggiat internet atau siapapun yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan blog atau website profesional, pasti sudah familiar dengan apa itu hosting. Karena bagaimanapun, penggunaan hosting yang sudah pasti berbayar ini merupakan salah satu acuan mengenai profesionalisme sebuah website.

Hosting adalah sebuah jasa layanan jaringan internet, yang berfungsi sebagai penyedia sumber daya bagi server guna disewakan. Hal tersebut tentunya dilakukan supaya memungkinkan seseorang atau sekelompok orang memiliki akses untuk meletakkan (sharing) informasi di dalam internet, misalnya saja seperti DNS, HTTP, Email, FTP, dan lain sebagainya.

Analoginya seperti ini, misalnya website diibaratkan sebagai sebuah bangunan, maka hosting merupakan sepetak tanah tempat berdirinya bangunan tersebut, dan domain adalah alamat sepetak tanah tersebut. Jadi ketiga komponen (website, hosting, dan domain) tersebut saling berkaitan antara satu sama lain. Kalau tidak menggunakan hosting, maka dimana bangunan akan berdiri?

Jenis-Jenis Layanan Hosting

Hosting terdiri atas satu atau gabungan server yang menjalankan fungsi menggunakan jaringan internet dengan kecepatan sangat tinggi. Jadi, yang harus dipahami adalah bahwa mustahil bagi seseorang untuk mengakses hosting apabila internet down.

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui bahwa hosting juga terbagi pada beberapa spesifikasi layanan berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis layanan hosting yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi:

  1. HostingBerbagi
    Shared hosting adalah suatu layanan dimana sebuah akun hos diletakkan dengan akun-akun lainnya dalam server yang sama, dan menggunakan pelayanan bersama. Dengan kata lain, berbagi tempat (server) dan layanan (service). Hal ini memungkinkan satu website sharing sumber server, baik dalam bentuk RAM atau CPU dengan user yang lainnya.

    Jadi intinya, sebuah server ini bisa digunakan (share) oleh sangat sedikit, sampai banyak user (mulai dari puluhan hingga ribuan klien). Dan sesuai dengan konsep yang diusung yakni berbagi, maka besarnya biaya pemeliharaan server akan dibagi sama rata sesuai jumlah pengguna. Semakin banyak penghuni sebuah server, maka semakin murah pula biaya sewanya.
  2. Server Dedikasi
    Server jenis ini memiliki tugas untuk menjalankan satu atau beberapa aplikadi dengan muatan sangat tinggi sehingga tidak bisa dioperasikan menggunakan VPS atau shared hosting. Dedication server ini dapat disediakan sendiri oleh si penyewa hosting (independent), atau pun meminjam di data center. Tergantung kebutuhan dan kemampuan.

    Provider biasanya menyediakan 1 set website server fisik beserta sistem operasinya. Jadi nanti user akan mendapatkan root akses untuk log in ke website server, dan kemudian melakukan pekerjaan pemeliharaan pada server secara internel (akses yang didapatkan tergantung pada kebijakan provider, bisa saja limited atau unlimited).
  3. Server Privat Maya
    Virtual privat server atau yang lebih dikenal dengan singkatan VPS Murah ini, terbuat dari pembagian resource pada server fisik ke dalam bentuk virtual. Hal ini memungkinkan resource bisa dialokasikan tanpa mempengaruhi hardware. Oleh karena itu, fenomena berjalannya beberapa sistem secara bersamaan menjadi hal yang sangat wajar di VPS.
  4. ServerKolokasii
    Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa Hosting Murah adalah sebuah tempat yang menyediakan layanan kompleks. Salah satunya adalah sever kolokasi, atau server titipan. Server ini biasanya dititipkan di tempat seperti warnet (warung internet) yang menyediakan listrik, koneksi internet, ac, dan juga tempat untuk meletakkan server.

    Namun server kolokasi ini menjadi milik dan dikelola sendiri oleh klien sepenuhnya . Jadi posisi klien bukanlah sbagai penyewa. Klien bertanggungjawab untuk berkunjung ke data center, upgrade hardware, dan melakukan beragam perubahan lain pada server kolokasi miliknya.

Bagi Kamu yang Ingin mencari Hosting dan Domain Murah, kami sangat menyarankan untuk memakai layanan DomaiNesia, Layanan Hosting yang bisa bayar bulanan dan memiliki harga paling murah yaitu mulai Rp. 8.000 perbulan

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *