Fungsi Replace Pada MySQL

By | 6 May 2012

Tahun lalu saya punya sebuah domain untuk iklan baris gratis. Nah tahun ini, domain tersebut tidak saya perpanjang. Dengan beberapa alasan, saya lebih memilih alamat domain yang baru ketimbang memperpanjang domain lama. Awalnya perpindahan domain, hosting beserta database tidak ada masalah. Domain baru berhasil di-launching. Oiya, baik domain lama dan domain baru keduanya menggunakan wordpress.

Sampai beberapa hari kemudian ketika saya tidak sengaja membuka salah satu postingan tersebut, ada sebuah kesalahan. Masih ada beberapa posting yang membuat link ke domain yang lama. Jumlahnya lumayan banyak, lebih dari 30 posting. Sebenarnya bisa saja masuk ke wp-admin domain baru, masuk ke menu Posts -> all Posts dan dicari kata kunci menggunakan nama domain lama. Update postingan satu-persatu. Cape deh..

Akhirnya kepikiran untuk langsung masuk ke databasenya dan update menggunakan perintah SQL. Tapi perintahnya apa ya? Kalo pake program PHP bisa menggunakan str_replace(). Kira-kira di MySQL menggunakan fungsi apa? Akhirnya dicari di google dan ketemu di sini. Ternyata untuk MySQL bisa menggunakan fungsi replace. Langsung dipraktekkin deh. Masuk ke cpanel, pilih phpmyadmin, cari databasenya, Karena menggunakan wordpress, semua postingan ada di tabel wp_posts dan isi postingan ada di field post_content.Kira-kira perintahnya seperti ini :

UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE(post_content,’domainlama’,’domainbaru’)

arti dari perintah SQL di atas adalah sbb :

update tabel wp_posts, field post_content isinya diganti dengan hasil dari fungsi replace kata domainlama menjadi domainbaru pada field post_content.

Ngerti gak tuh penjelasan perintah SQL nya? Intinya jika ada kata domainlama pada field post_content, langsung diganti menjadi domainbaru 🙂

Share yuk!!

One thought on “Fungsi Replace Pada MySQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *