Daur Ulang Sampah Menjadi Sesuatu yang Berguna

By | 27 February 2015

Dari banyaknya masyarakat, hanya sedikit diantara mereka yang mau melakukan olah sampah, padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Sampah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap munculnya berbagai macam penyakit, salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan membuangnya, tetapi jika banyak orang yang membuang sampah, lama kelamaan lahan yang ada di bumi ini hanya penuh dengan sampah, padahal mayoritas jenis sampah yang paling banyak adalah sampah plastik yang sangat sulit untuk diuraikan.

sampah

Hal paling tepat yang bisa dilakukan adalah pengelolaan sampah dengan benar, sampah bisa anda daur ulang menjadi banyak hal, yaitu:

  • Pupuk kompos, anda bisa memanfaatkan jenis sampah organik berupa dedaunan, bahan-bahan sisa dapur maupun yang lainnya, caranya cukup mudah, hanya dengan menyimpannya di dalam tanah dan dimasukkan ke dalam kantong plastik, manfaat dari pupuk tersebut sangat banyak, salah satunya untuk menyuburkan tanaman.
  • Kerajinan tangan, jenis sampah anorganik bisa anda manfaatkan sebagai kerajinan tangan, berupa tas, vas bunga maupun hiasan dinding, kerajinan tangan dari sampah ini ternyata juga bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi anda.

 

Selain dua hal tersebut masih banyak lagi hal yang bisa anda buat dari daur ulang sampah, baik itu sampah organik maupun anorganik, pemanfaatan yang tepat akan memberikan banyak keuntungan bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.