Cicilan Emas untuk Investasi? Simak Dulu Plus Minusnya!

By | 8 November 2017

Belakangan ini, masyarakat kian tertarik dengan investasi dalam bentuk emas. Emas memang dapat dijadikan salah satu alternatif untuk berinvestasi di saat pasar keuangan tengah mengalami gejolak. Jadi meski terjadi fluktuasi, harga emas relatif naik untuk jangka panjang. Jadi bisa dibilang, emas merupakan investasi yang paling aman dan sangat menguntungkan. Bahkan sekarang investasi emas bisa jadi lebih mudah dengan fasilitas cicilan emas di beberapa lembaga keuangan. Jika Anda belum memiliki cukup uang untuk membeli emas secara langsung, maka Anda dapat memulainya dengan cara mencicil atau mengangsur atau sama seperti kredit emas.

 

Besaran serta lama angsuran tergantung pada pilihan Anda. Anda dapat memperoleh fisik emas batangan setelah cicilan Anda lunas. Syaratnya cukup mudah, hanya dengan melampirkan fotokopi KTP dan membayar DP lalu mengisi formulir. Kabarnya, kredit emas ini dapat dicicil perhari mulai dengan 5 ribu rupiah saja. Namun tentu saja, tak ada gading yang tak retak, ada beberapa plus-minus investasi emas dengan cara kredit seperti ini yang harus Anda ketahui:

Berikut ini adalah nilai plus-nya:

 

  1. Pembelian mudah.

Sekarang sudah tak ada lagi alasan investasi emas murni Antam sulit dan butuh biaya besar sebab Anda dapat mengangsurnya di bank atau lembaga pegadaian. Bahkan Anda dapat menggunakan kartu kredit Anda untuk cicilan emas. Anda hanya tinggal membayar semua tagihan kartu kredit Anda di akhir bulan saja.

 

  1. Dapat menaklukkan inflasi.

Tahukah Anda berapakah besaran bunga tabungan di bank? Yakni hanya sekitar 1-2% per tahun (belum termasuk pajak). Coba Anda bandingkan dengan Anda menabung lalu memperoleh emas? Tentu harga emas ini dapat berimbang dengan inflasi, artinya ia tidak akan terpengaruh dengan fluktuasi dan naik-turun kurs rupiah. Anda pun bisa menyimpannya dalam waktu yang cukup lama.

 

  1. Sekaligus sebagai tempat penitipan.

Menyimpan emas di rumah, baik dalam bentuk emas perhiasan maupun emas batangan memang riskan hilang atau berbahaya karena rentan terhadap tindak kriminal. Berbeda jika Anda menabung emas dengan mencicil, sebab sudah ada sekaligus fasilitas penitipan emas. Anda hanya tinggal membayar biaya titip saja.

 

Terlepas dari nilai plus atau keuntungan berinvestasi emas dengan cara mencicil atau menabung, ada beberapa minus atau kekurangan di dalamnya:

 

  1. DP 20%.

Tak berbeda jauh dengan kredit barang pada umumnya, harus ada uang muka atau DP yang harus Anda bayarkan. Begitu juga dengan kredit emas ini, sebab Anda harus menyiapkan uang dengan nominal 20% dari harga asli emas batangan.

 

  1. Ada bunganya.

Pada beberapa bank, kredit emas akan dikenakan bunga. Sebagai nasabah, tentu kita akan sedikit rugi apabila kenaikan harga emas ternyata lebih kecil daripada bunga kredit yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu Anda harus pandai-pandai dalam membandingkan tempat Anda akan menabung emas.

 

  1. Ada pinalti.

Sama halnya dengan kredit pada umumnya, ada pinalti yang harus Anda bayarkan ketika Anda ingin mempercepat pelunasan cicilan emas. Jika Anda terlambat membayar cicilan, maka ada denda yang harus Anda bayarkan. Kebalikan dari itu, jika Anda mengalami kegagalan dalam pembayaran, maka resikonya adalah emas Anda akan ditarik untuk kemudian dilelang. Oleh karena itu, sebagai nasabah kita harus cermat dan disiplin dalam melakukan berbagai investasi, jangan sampai nanti niatnya berinvestasi, ujung-ujungnya malah rugi.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *