Cara Mengcopy Tabel di Mysql ke Tabel Baru menggunakan Query

By | 27 December 2012

Bagi anda yang pernah menggunakan database, adakalanya anda ingin mengcopy sebuah tabel  yang ada ke tabel baru. Misalkan ada tabel mahasiswa yang sudah berisi 10 record dan anda ingin membuat tabel mhs yang strukturnya sama dengan tabel mahasiswa dan mungkin juga 10 record itu juga ingin anda copy.

Hal ini sebenarnya selesai dengan menggunakan tools mysql seperti mysql-front, phpmyadmin atau sqlyoq. Jika menggunakan tools tersebut gagal, Anda bisa menggunakan query untuk mengcopy tabel mahasiswa ke tabel mhs. Querynya (menggunakan database mysql) ada di bawah ini

jika ternyata antara tabel mhs dan tabel mahasiswa berada dalam database yang berbeda, maka querynya (asumsi tabel mahasiswa ada di database db_saya)

CREATE TABLE mhs LIKE db_saya.mahasiswa;

INSERT mhs SELECT * FROM db_saya.mahasiswa;

 

Penjelasan query

CREATE TABLE mhs LIKE mahasiswa; => digunakan untuk membuat tabel mhs yang strukturnya sama dengan tabel mahasiswa. Asumsinya tabel mhs belum dibuat.

INSERT mhs SELECT * FROM mahasiswa; => masukkan seluruh data dari tabel mahasiswa ke tabel mhs. Asumsinya tabel mhs sudah ada.

sekian tutorial dari saya tentang cara memindahkan tabel ke tabel lain menggunakan query. semoga bermanfaat. Jika anda butuh tutorial mysql lainnya, silakan klik link di bawah ini

Share yuk!!

2 thoughts on “Cara Mengcopy Tabel di Mysql ke Tabel Baru menggunakan Query

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *