6 Senjata Tradisional yang Banyak Disukai untuk Pajangan

By | 16 November 2018

Setelah seharian bekerja keras, kita pasti ingin kembali ke rumah untuk menemui keluarga dan beristirahat. Terlepas dari besar maupun kecil rumah yang kamu miliki, sangat penting untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan bisa membangkitkan perasaan senang. Dengan begitu, rumah yang kita tinggali akan membantu kita melupakan berbagai masalah dan juga membantu memulihkan stamina.

Dinding adalah satu dari sekian bagian rumah yang perlu diperhatikan jika ingin membangkitkan suasana yang menyenangkan. Pasalnya, Ada banyak jenis hiasan dinding yang bisa kita pajang di sana untuk menciptakan keindahan yang akan membangkitkan perasaan senang saat memandangnya.

Bagi mereka yang hobi koleksi  benda-benda antik, biasanya mereka suka sekali memajang benda-benda tersebut di ruang tamu. Entah itu dengan menggunakan lemari pajangan maupun dengan langsung menggantungnya di dinding serta memajangnya menggunakan rak dan media lainnya.

Bagi kamu yang suka mengumpulkan benda-benda unik, barang antik, atau berbagai macam benda menarik lainnya termasuk senjata tradisional. Kamu bisa dengan mudah menemukannya tanpa harus melakukan travelling ke berbagai daerah. Ya, salah satu caranya adalah dengan mencari dan membeli di online shop.

Berbicara soal senjata tradisional. Ada beberapa di antaranya yang cukup disukai dan banyak dijadikan sebagai favorit untuk pajangan, terutama di ruang tamu. Kalau kamu merasa bingung kira-kira senjata tradisional seperti apa yang cocok untuk kamu gantung di ruang tamu, kamu bisa mencoba melihat tujuh ide senjata tradisional yang banyak disukai untuk pajangan berikut ini.

Keris merupakan senjata tradisional yang ikonik dan cocok dijadikan sebagai pajangan di ruang tamu

Keris pusaka adalah senjata tradisional yang termasuk ke dalam golongan senjata belati. Senjata tradisional ini adalah senjata yang paling populer di Indonesia. Pada zaman dahulu, selain digunakan untuk senjata untuk berduel, keris banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap sajian.

Di zaman modern ini keris lebih banyak digunakan sebagai aksesoris dan pelengkap busana dalam upacara adat. Karena keris merupakan salah satu simbol budaya.

Kujang adalah senjata tradisional yang unik dan menarik

Bagi masyarakat Jawa Barat, Kujang bukanlah senjata yang asing. Senjata khas Jawa Barat ini memiliki bentuk yang unik dan menarik. Di Jawa Barat, Kujang merefleksikan ketajaman dan daya kritis, sekaligus melambangkan kekuatan dan keberanian dalam kehidupan sehari-hari. Karena, Kujang merupakan senjata yang sering digunakan untuk melindungi hak dan kebenaran.

senjata tradisional kujang
senjata tradisional kujang (via bukalapak.com)

Katana merupakan pedang khas Jepang yang cukup populer di Indonesia

Katana atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awam dengan sebutan Samurai merupakan pedang khas Jepang yang biasanya digunakan sebagai senjata oleh para Samurai. Di Jepang, Samurai adalah sebutan bagi perwira militer kelas elit.

Senjata yang satu ini cukup banyak dipopulerkan oleh masyarakat Indonesia untuk dipajang di ruang tamu. Karena katana atau samurai dikenal sebagai salah satu senjata yang tajam dan ampuh.

Mandau dan tameng

Senjata tradisional yang banyak disukai untuk pajangan lainnya adalah Mandau khas Kalimantan. Tidak sedikit kolektor yang hobi koleksi benda benda tajam atau senjata tradisional pasti memiliki Mandau lengkap dengan tamengnya.

senjata tradisional mandau
senjata tradisional mandau (via bukalapak.com)

Panah dan tulup/sumpit khas Papua

Bagi masyarakat Papua, panah merupakan salah satu senjata yang sering mereka andalkan untuk berperang dan berburu. Jenis panah yang digunakan oleh masyarakat Papua bermacam-macam. Ada yang khusus diciptakan untuk berperang, ada yang khusus diciptakan untuk memanah binatang buruan berupa babi, dan ada juga yang diciptakan khusus untuk memanah rusa. Masing-masing anak panah didesain berbeda dengan bentuk ujungnya yang unik.

Rencong

Senjata tradisional lainnya yang unik dan menarik serta bisa dijadikan sebagai pajangan Rencong, yang merupakan senjata khas Aceh. Senjata tradisional milik suku Aceh ini adalah simbol keberanian, identitas diri, dan ketangguhan suku Aceh.

Menurut sejarah, senjata tradisional Rencong dahulu digunakan di kesultanan Aceh sejak pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah.

Tempat beli benda hobi koleksi yang lengkap dan murah

Kalau kamu tertarik untuk membeli berbagai senjata tradisional untuk pajangan di rumah. Atau mungkin, kamu memang sudah hobi mengoleksi benda-benda pusaka, kamu bisa mencari dan membeli di toko online selain mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan yang banyak menjual senjata tradisional.

Saya menyarankan kamu berbelanja di toko online karena kemudahannya, tidak merepotkan, pilihannya banyak, serta harganya pun relatif murah. Salah satu toko online yang saya rekomendasikan adalah Bukalapak.

Alasan saya merekomendasikan online shop yang satu ini adalah karena: Mereka punya koleksi yang lengkap, banyak memberikan promo dan diskon, tersedia juga benda-benda unik dan barang antik seperti uang kuno, keris pusaka, dan lain sebagainya.

Selain berbagai pilihan senjata tradisional, di online shop Bukalapak kamu pun bisa dengan mudah menemukan berbagai bentuk hiasan dinding yang cantik dan bisa dimanfaatkan untuk mempercantik interior rumah.

Share yuk!!

One thought on “6 Senjata Tradisional yang Banyak Disukai untuk Pajangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *