5 Tips Dekorasi Ruang Tamu Agar Lebih Nyaman

By | 6 August 2019

Melakukan dekorasi di rumah tentu tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satu ruangan yang penting untuk didekorasi adalah ruang tamu. Tips dekorasi ruang tamu berikut ini tentu saja bisa membuat ruangan menjadi lebih indah.

Ruang tamu merupakan ruangan yang harus didekorasi secara maksimal. Tidak bisa asal-asalan. Alasannya, ruang tamu merupakan salah satu bagian penting yang membuat rumah mengesankan. Ruang tamu sendiri adalah representasi dari keseluruhan rumah; sama seperti fasad. Sehingga, penting untuk memaksimalkan seluruhnya.

Kita perlu menyajikan ruangan yang sangat nyaman tapi juga sedap untuk dipandang. Mudah dibersihkan, tidak terlalu sumpek dan rumit, sehingga sangat nyaman untuk para tamu yang datang berkunjung ke rumah.

Karenanya, kita tidak bisa begitu saja memasukkan berbagai barang dan furnitur ke dalam ruang tamu. Kita perlu mengaturnya sedemikian rupa, sehingga ruang tamu nyaman untuk digunakan.

Inilah beberapa tips dekorasi ruang tamu yang perlu kita ketahui.

1.   Menentukan Titik Fokus

Titik fokus adalah sebuah bagian dari ruang tamu di mana seseorang yang masuk, akan langsung melihat ke arah titik tersebut. Titik fokus yang sering kali ada tapi tidak disadari adalah TV di bagian ruang tengah.

Kita pun bisa membuat titik fokus tersendiri di ruang tamu. Biasanya ada beberapa pilihan titik fokus yang bisa digunakan. Di antaranya adalah bantal di sofa, foto keluarga, lukisan besar, atau lemari hias. Kita tinggal memilihnya dan menempatkannya tepat di titik fokus yang kita inginkan.

Setelah menentukan titik fokus, barulah kita bisa mengatur perabotan dan furnitur lainnya di ruang tamu.

2.   Furnitur Tidak Rapat Dinding

Kita pasti mengira bahwa kita akan bisa memperluas ruangan dengan cara merapatkan beragam furnitur dengan dinding. Walaupun hal tersebut seakan benar, tapi tidak seperti itu kenyataannya.

Ruangan yang furniturnya rapat ke dinding akan terasa lebih penuh, rapat, dan sesak. Sehingga kurang nyaman dan membuat ruangan menjadi lebih kecil dan sempit.

Karenanya, sebaiknya kita tidak merapatkan furnitur dengan dinding. Biarkan ruangan bernapas. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih lega dan tidak sempit.

3.   Sudut Bicara

Ruang tamu bagaimana pun juga merupakan tempat kita menyambut tamu. Salah satu kegunaannya adalah agar kita bisa berbincang atau berbicara dengan nyaman dengan tamu yang datang ke rumah.

Karenanya, kit aperlu mengatur sudut bicara untuk para tamu. Sebaiknya kita mendesain sedemikian rupa agar jarak antar sofa tidak terlalu jauh, sehingga kita tidak perlu bicara terlalu kencang saat berbincang di ruang tamu.

Selain itu juga pastikan bahwa sudut bicara tidak terpotong oleh jalur gerak. Sehingga pembicaraan tidak terganggu begitu saja.

4.   Arus Gerak

Di setiap ruangan, tentu kita memiliki ruang gerak. Ruang gerak yang baik adalah ruang gerak yang tidak memotong ruangan. Sehingga kita bisa memanfaatkan ruangan dengan maksimal.

Dari arah pintu depan ruang tamu, sebaiknya tidak ada halangan untuk menuju ke bagian tengah rumah. Jika ternyata kita menyimpan sofa di jalur tersebut, pasti ruang tamu akan menjadi kurang nyaman untuk digunakan berbincang.

Pastikan juga arus gerak ini memiliki ruang yang cukup. Sehingga orang bisa melewatinya dengan nyaman.

5.   Furnitur yang Tepat

Bagaimana pun juga, ruangan yang nyaman harus memiliki furnitur yang nyaman pula. Dalam artian, kita perlu memilih furnitur yang tepat, pas, nyaman, tapi juga enak dilihat.

Jangan sampai memilih furnitur yang terlalu besar ukurannya sehingga memakan ruangan. Pastikan kita menyesuaikan ukuran furnitur dengan luas ruangan. Jangan sampai pula kita menggunakan furnitur yang terlalu kecil. Karena hal ini bisa membuat ruangan seakan kosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.