5 Bahan Alami Pengganti Kosmetik yang Bikin Kulit Cantik Natural

By | 11 June 2019

Siapa bilang, kulit cantik tak bisa diciptakan dengan bahan alami? Nyatanya, bahan-bahan tersebut dapat mengganti peran alat kosmetik yang konon tak selalu cocok di kulit orang. Yuk, hindari kulit iritasi dan gatal lewat cara tepat menggunakan 5 bahan alami yang satu ini!

Berdasarkan sumber resmi, kosmetik berfungsi untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia yang berasal dari campuran dari beragam senyawa kimia. Tak ayal, beberapa produk kosmetik terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis.

Apa sajakah jenis kosmetik? Ternyata ada banyak, yakni krim perawatan kulit, losion, bedak, lipstik, kuteks, perias muka, dan sejenisnya. Beberapa produk perlengkapan mandi juga bisa masuk dalam kategori kosmetik, mengingat fungsi serta kandungannya tak jauh berbeda.

Seiring waktu berjalan, penggunaan kosmetik kian marak pada hampir seluruh kalangan masyarakat. Ironisnya, fenomena tersebut acapkali dimanfaatkan oleh para produsen untuk membuat produk kecantikan dengan harga relatif murah. Alhasil, kualitasnya juga rendah.

Tak sedikit dari kita yang merasa waswas dengan produk-produk kosmetik di pasaran. Berangkat dari hal tersebut, konon ada sejumlah cara alternatif untuk merias diri lewat 5 bahan alami yang lebih aman dan jauh dari bahan kimia.. Apa sajakah itu? Simak d sebagai berikut.

  1. Timun

Timun mengandung vitamin C dan asam caffeic, dua antioksidan yang ampuh menangkis kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari. Tak heran, bahan alami dari timun amat cocok untuk perawatan kulit baik wajah ataupun area tubuh lainnya. Rekomendasi untuk dicoba!

Bakal lebih baik jika timun dikombinasikan dengan yoghurt sehingga menjadi masker. Seperti yang kita sama-sama tahu, kandungan yoghurt mampu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Gunakan setiap malam menjelang tidur, lalu lihat efeknya dalam kurun waktu beberapa minggu.

  1. Lemon
lemon bahan alami kulit cantik

lemon bahan alami kulit cantik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lemon ampuh sebagai bahan alami pengganti kosmetik. Buah yang satu ini bertindak sebagai pengelupas kulit, eksfolian, serta desinfektan untuk mengurangi munculnya bekas luka serta mencegah pembentukan jerawat di wajah.

Selain ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat, lemon juga dapat membuat wajah segar dan bersinar karena ampuh mengangkat sel kulit mati. Bilas perasan buah tersebut di wajah atau area tubuhmu yang terkena jerawat saat hendak tidur dan sebelum beraktivitas di pagi hari.

  1. Lidah Buaya

Siapa bilang lidah buaya hanya digunakan untuk rambut? Nyatanya, tanaman ini diklaim berkhasiat mengatasi bekas jerawat di wajah. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat yang bisa mempercepat pembentukan kolagen yang baik buat kulit.

Cara memakai lidah buaya amatlah mudah. Mulai dengan mengambil bagian daging lidah buaya, lalu aplikasikan pada bekas jerawat. Usahakan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan bagian daging lidah buaya tepat di wajah.

  1. Cuka Apel

Tak sembarang bahan makanan, cuka apel adalah toner yang ampuh untuk mencegah jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Penggunaan cuka apel juga amatlah mudah, Anda tinggal menuangkan pada satu wadah berisi air dan campur kedua carian terebut.

Pencampuran dengan air dilakukan agar aroma cuka tak terasa menyengat. Setelah semuanya beres, basuh campuran cuka apel dan air pada area wajah serta leher. Lakukan ini secara rutin, lalu rasakan manfaatnya pada kulit Anda.

  1. Minyak Zaitun

Minyak sudah hilang, noda-noda di wajah juga lenyap seketika. Jangan lupa, satu hal lain yang tak boleh dilewatkan adalah menjaga agar tidak lembap. Upaya tersebut dapat Anda terapkan menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami yang terkenal ampuhnya.

Oles minyak zaitun pada wajah sambil dipijit lembut. Setelah sekitar 30 menit berlalu, basuh minyak zaitun dari wajah Anda. Tidak mengandung efek samping karena minyak zaitun adalah bahan alami yang menyehatkan dan tak mengandut zat kimia berbahaya.

Itu tadi 5 bahan alami pengganti kosmetik yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit agar tetap cantik. Yuk, coba dari sekarang dan rasakan manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.