Apa Itu Customer Service Machine Bank Mandiri?

By | 31 August 2024

Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia, didirikan pada tahun 1998 sebagai hasil penggabungan dari empat bank milik pemerintah: Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Bank ini dibentuk untuk memperkuat sektor perbankan nasional setelah krisis ekonomi Asia tahun 1997-1998.

Sejak berdirinya, Bank Mandiri telah berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan terbaik dengan menggabungkan teknologi terkini dan berbagai produk keuangan, seperti tabungan, pinjaman, kartu kredit, investasi, dan layanan perbankan digital. Bank ini memiliki jaringan yang luas dengan ribuan cabang, ATM, dan mitra layanan di seluruh Indonesia, serta terus berkembang untuk memperluas jangkauan globalnya.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri selalu menghadirkan inovasi tiada henti. Inovasi terbarunya adalah Customer Service Machine. Inovasi seperti apa sih ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini

Apa itu Customer Service Machine (CSM)?

CS (Customer Service) Machine merupakan layanan digital terbaru Bank Mandiri yang hadir untuk menawarkan solusi dengan proses penggantian kartu debit dan pembukaan rekening secara praktis dan mandiri (self service) tanpa harus mengantre di Customer Service cabang.

Apa saja Layanan yang dapat Dilakukan di CSM?

  1. Pembukaan Rekening Mandiri di CS (Customer Service) Machine
  2. Penggantian kartu debit dengan kartu (card for card)
  3. Penggantian kartu debit tanpa kartu (lost card)

Keunggulan Layanan CSM

  1. Customer Service Machine memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi dengan menggunakan mesin tanpa harus datang & antre di cabang. Sebagai contoh untuk pembukaan rekening hanya membutuhkan waktu 5 menit & penggantian kartu hanya membutuhkan waktu 1 menit.
  2. Walaupun menggunakan mesin, keamanan tetap menjadi hal utama. Metode otentikasi berlapis yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Nasabah cukup menggunakan saranan verifikasi antara lain e-KTP, sidik jari, nomor handphone aktif, e-mail aktif, atau kartu debit.

Pembukaan Rekening dengan CSM

Seperti telah dijelaskan di atas, Anda bisa membuka rekening menggunakan Customer Service Machine. Apa saja yang harus Anda siapkan untuk membuka rekening di CSM?

  1. Calon nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik), No HP yang aktif dan bisa diakses oleh nasabah, serta nomor NPWP (tidak wajib).
  2. Calon nasabah memiliki pulsa di handphone.

Penggantian Kartu dengan Kartu (Card to Card)

Untuk mengganti kartu dengan kartu, hal berikut harus Anda persiapkan

  1. Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik).
  2. Nasabah memastikan kembali kondisi kartu debit masih dapat digunakan di mesin ATM.
  3. Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang ingin digantikan.

Penggantian Kartu Tanpa Kartu (Lost Card)

Anda pun bisa mengganti kartu walaupun Anda tidak mempunyai kartunya. Berikut ini syaratnya

  1. Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik).
  2. Nasabah mengetahui nomor rekening dari kartu debit yang akan diganti
  3. Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang akan diganti.

Itulah beberapa info yang bisa diberikan terkait Customer Service Machine Bank Mandiri. Dengan adanya inovasi canggih dari Bank Mandiri ini, Anda tidak perlu antri di Customer Service lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *