Tips memilih asuransi pendidikan untuk anak

By | 16 December 2016

Asuransi merupakan sebuah istilah untuk merujuk pada system, tindakan atau bisnis di mana perlindungan finansial untuk property, jiwa dan  kesehatan mendapatkan penggantian dari kejadian yang tidak terduga yang dapat terjadi seperti kehilangan, kematian, kerusakan maupun sakit. Peserta asuransi diharuskan membayar premi secara teratur dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan finansial tersebut. Premi dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Di Indonesia ada beberapa jenis asuransi yang populer yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi kepemilikan rumah atau property dan juga asuransi pendidikan. Dari beberapa jenis asuransi tersebut yang menjadi favorit adalah asuransi pendidikan. Untuk asuransi kendaraan, yang sering diasuransikan adalah mobil, khususnya mobil baru.

Asuransi pendidikan adalah salah satu solusi bagi orang tua untuk menjamin kehidupan anaknya agar menjadi lebih baik. Biaya premi yang harus dibayarkan orang tua sebagai tertanggung berbeda-beda tergantung tingkatan pendidikan yang ingin diperoleh. Semakin tinggi tingkatan pendidikan, semakin besar premi yang harus dibayar. Nah sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan asuransi pendidikan, tidak ada salahnya membaca tips memilih asuransi pendidikan berikut ini.

  1. Buatlah rencana pendidikan anak Anda

Sebagai orang tua, sebelum memilih asuransi pendidikan pastinya harus memiliki rencana untuk pendidikan anak-anaknya. Dengan rencana pendidikan yang jelas, Anda akan mudah memilih produk asuransi kesehatan yang cocok untuk mereka. Buatlah rencana detail jenjang pendidikan anak Anda termasuk mau masuk ke sekolah mana nantinya. Beda sekolah tujuan, beda pula biaya sekolahnya. Tuliskan berapa jumlah yang dibutuhkan sampai anak Anda menyelesaikan pendidikannya sesuai rencana Anda.

 

  1. Ketahui biaya pendidikan

Jika Anda sudah mengetahui anak Anda nantinya mau sekolah di mana, berikutnya Anda harus mencari tahu berapa biaya pendidikan di sekolah tersebut saat ini dan prediksi biaya pendidikannya di masa yang akan datang. Biaya pendidikan meliputi biaya iuran sekolah, seragam, buku, alat tulis, uang saku dan transportasi. Masalahnya adalah bagaimana Anda mengetahui berapa biaya pendidikan di masa yang akan datang? Menurut beberapa sumber, biaya pendidikan di Negara Indonesia naik sekitar 15% per tahunnya.

 

  1. Pilih jumlah premi sesuai kemampuan

Tentukan berapa jumlah premi maksimal yang bisa Anda bayarkan untuk mengikuti asuransi pendidikan ini. Jangan sampai jumlah premi memberatkan keuangan Anda. Asuransi pendidikan merupakan asuransi jangka panjang, sehingga Anda pun harus terus membayar premi dalam jangka waktu yang lama. Menghentikan pembayaran premi di tengah jalan tentu akan merugikan Anda.

 

  1. Cari info tentang perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan

Di Indonesia ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan. Anda bisa mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan asuransi. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari agen asuransi ataupun dari rekan Anda yang sudah memiliki asuransi pendidikan.

 

  1. Cek apakah ada fasilitas lain selain asuransi pendidikan

Pada beberapa perusahaan asuransi, ketika mengambil asuransi pendidikan maka anak Anda akan otomatis ikut serta dalam asuransi kesehatan. Jadi selain menjamin pendidikan anak di masa yang akan datang, juga bisa menjamin kesehatan anak. Sehingga ketika anak Anda sakit, biaya rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Itulah beberapa tips memilih asuransi pendidikan yang harus anda perhatikan saat akan membeli asuransi pendidikan untuk anak Anda. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda yang sedang bingung menentukan asuransi pendidikan anak.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *