Tips Membuka Usaha Dengan Modal Sedikit

By | 10 January 2016

Usaha menengah ke bawah saat ini sudah banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Bahkan usaha menengah ke bawah merupakan penopang perekonomian rakyat. Usaha menengah ke bawah adalah usaha yang didirikan dengan modal yang kurang dari 200 juta rupiah, dan ruang lingkup pemasaran produk usaha belum cukup luas. Usaha dengan modal yang tidak banyak ini tidak menutup kemungkinan bisa menjadi usaha yang menjanjikan dengan omset yang cukup besar.

tips membuka usaha dengan model sedikit

Jika anda tertarik untuk membuka usaha sendiri namun anda tidak memiliki modal yang cukup maka anda wajib mengetahui tips membuka usaha dengan modal sedikit. Hal ini bertujuan agar anda memahami apa yang harus anda lakukan saat anda sudah membuka usaha anda nanti. Selain untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi anda, dengan membuka usaha sendiri anda juga bisa menolong orang-orang di sekitar anda yang tidak berkesempatan bekerja di perusahaan besar untuk membantu usaha anda.

Dengan niat baik seperti di atas tentu anda akan semakin berminat untuk membuka usaha sendiri, untuk itu berikut adalah beberapa tips membuka usaha dengan modal sedikit :

  1. Tentukan jenis usaha

Jenis usaha sangat mempengaruhi kesuksesan usaha anda di masa mendatang. Untuk menentukan usaha apa yang akan anda buka anda harus melihat peluang usaha apa yang sedang mengalami pertumbuhan pesat didaerah anda, namun anda juga harus bisa memperkirakan jenis usaha apa yang bisa bertahan lama dan tidak tergusur oleh jaman. selain itu anda juga harus menyesuaikan jenis usaha dengan modal yang anda miliki. Jenis usaha yang memperoleh banyak kesuksesan dan bertahan lama dengan modal yang kecil biasanya jenis usaha di bidang kuliner. Tips membuka usaha dengan modal sedikit sangat berpihak pada pemilihan jenis usaha dalam bidang kuliner, namun tidak menutup kemungkinan seperti usaha di bidang fashion, teknologi, dan otomotif juga bisa memperoleh kesuksesan yang sama.

  1. Mulai buka usaha dengan modal seadanya

Yang dimaksud di sini adalah anda bisa membuka usaha dengan modal yang anda miliki sendiri dan memanfaatkan ketrampilan anda. karena untuk membuka sebuah usaha yang dibutuhkan tidak hanya modal yang berupa uang. Misalnya saja jika anda membuka usaha warung makan, tentu anda harus memiliki ketrampilan memasak. Untuk itu jika anda memiliki modal yang sedikit anda tetap bisa membuka usaha dengan mengoptimalkan dengan ketrampilan anda.

  1. Menggunakan peralatan yang sudah ada

Untuk meminimalkan modal yang akan dikeluarkan, anda bisa memanfaatkan peralatan yang sudah anda miliki, karena untuk membeli peralatan yang baru itu memakan dana yang cukup besar tergantung dengan usaha yang akan anda buka. Agar modal yang anda miliki bisa mencukupi kebutuhan untuk membuka usaha, anda harus pandai-pandai merubah peralatan lama menjadi peralatan yang bermanfaat dan layak digunakan dalam kegiatan operasional usaha. Selain menghemat modal menggunakan peralatan yang sudah ada juga baik untuk kelestarian alam, karena dengan begitu anda tidak akan membuang peralatan lama yang sudah ada dengan peralatan baru sehingga tidak menambah sampah.

  1. Pemasaran menggunakan sarana gratis

Tips membuka usaha dengan modal sedikit selanjutnya adalah dalam pemasarannya. Dalam menjalankan sebuah usaha, pemasaran sangat dibutuhkan, karena tanpa pemasaran maka orang lain tidak akan mengetahui usaha yang sedang anda lakukan. Namun pada usaha menengah ke bawah sering kali menyampingkan proses pemasaran yang baik sehingga usaha yang dijalani tidak berkembang. Untuk menghindari hal itu tips membuka usaha dengan modal sedikit adalah melakukan pemasaran menggunakan sarana yang gratis. Ini akan sangat cocok untuk anda yang memiliki modal minim, karena selain menghemat pengeluaran modal produk, anda juga bisa diketahui oleh masyarakat luas. Sarana gratis yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran contohnya adalah media sosial seperti facebook, twitter dll, selain itu info dari mulut ke mulut juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha anda.

  1. Perencanaan penggunaan modal

Untuk bisa membuka usaha dengan modal yang sedikit anda perlu membuat planing atau perencanaan tentang penggunaan modal. Anda harus merencanakan pengeluaran modal yang paling minimal. Dengan dibuatnya rencana semacam ini anda tidak akan kaget bila modal yang anda miliki ternyata cukup untuk membuka usaha seperti yang anda harapkan.

Beberapa tips membuka usaha dengan modal sedikit di atas akan bermanfaat bila anda praktekkan saat anda ingin membuka usaha di masa yang akan datang.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *