Tips Aman Berkendara Dengan Sepeda Motor

By | 13 February 2014

Saat ini sepeda motor menjadi kendaraan yang mudah dijumpai di Indonesia. Sepeda motor mudah didapatkan karena bisa dibeli secara langsung di dealer ataupun di situs online. Banyak website yang menjadi tempat jual beli kendaraan secara online, salah satunya adalah Carmudi.
Selain mudah dijumpai, Sepeda motor menjadi kendaraan favorit masyarakat untuk bepergian. Coba saja dihitung berapa banyak orang yang punya sepeda motor. Untuk pergi ke tempat lain menggunakan sepeda motor memang lebih cepat sampai jika dibandingkan menggunakan mobil, baik itu mobil pribadi maupun angkutan umum. Walaupun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan anda dengan sepeda motor menjadi aman. Di bawah ini adalah tips aman berkendara dengan sepeda motor.

berkendara sepeda motor secara aman

berkendara sepeda motor secara aman

  1. Gunakan pakaian yang aman
    Gunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh mulai dari kepala sampai kaki. Helm full face, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu adalah kombinasi yang bagus untuk perjalanan jarak jauh. Selain dapat melindungi Anda dari sinar matahari dan angin di perjalanan, kombinasi pakaian seperti itu juga bisa mengurangi resiko cedera parah jika terjadi kecelakaan.
  2. Patuhi peraturan lalu lintas
    Jangan sampai anda melanggar peraturan lalu lintas karena pelanggaran bisa berakibat fatal. Pelanggaran lalu lintas bisa membuat Anda kena tilang polisi bahkan kecelakaan. Baru-baru ini terjadi kasus seorang pengendara sepeda motor yang melawan arus ditabrak oleh pengendara mobil. Itu salah satu akibat karena melanggar peraturan lalu lintas. Anda juga harus selalu bawa SIM dan STNK di dompet Anda. Pelajarin jenis-jenis rambu lalu lintas di http://tmcmetro.com/informasi-masyarakat/informasi-umum/rambu-rambu-lalu-lintas-marka-jalan
  3. Jaga emosi, konsentrasi dan fokus
    Di jalan kadang ada saja kejadian yang membuat kita jengkel. Bisa jadi ada orang yang menabrak kita dari belakang, orang yang mengklakson dari belakang ketika kita berenti di lampu merah, atau orang yang tiba-tiba belok di depan kita tanpa menyalakan lampu sen. Hal-hal tersebut membuat kita emosi. Anda harus bisa menjaga emosi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    Saat berkendara, Anda harus konsentrasi dan fokus melihat jalan di depan Anda. Jangan berkendara sambil memegang telpon selular atau mendengarkan lagu dengan headset.
  4. Jangan bawa beban berlebihan
    Pastikan beban yang Anda bawa tidak berlebihan. Jika anda membonceng orang dewasa, jangan lebih dari 1 orang. Jangan juga membawa barang terlalu banyak, karena akan membahayakan kita dan orang di sekitar. Di bawah ini adalah contoh perilaku berkendara yang tidak perlu Anda tiru.

    contoh sepeda motor dengan beban berlebihan

    contoh sepeda motor dengan beban berlebihan

  5. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik
    Periksa rem kendaraan Anda dan pastikan bisa berfungsi dengan baik. Posisikan kaca spion Anda supaya bisa digunakan untuk melihat kendaraan yang ada di belakang. Cek juga apakah lampu sen dan lampu utama menyala dengan sempurna atau tidak. Jika sepeda motor Anda rusak, segera bawa ke bengkel terdekat.

Untuk cara berkendara yang baik, bisa mengikuti arahan dari satlantas berikut http://satlantas.polres-pasuruan.com/cara-berkendara.php

Itulah beberapa tips dari saya agar aman saat berkendara dengan sepeda motor. Ingat, keluarga Anda menunggu Anda di rumah

3 thoughts on “Tips Aman Berkendara Dengan Sepeda Motor

  1. adib belaria abadi

    butuh perjuangan lebih untuk meyadarkan masyarakat kita soal keamanan berkendara, terutama motor, apalagi, mohon maaf, mudahnya mendapatkan SIM di negeri ini juga gak bisa di lihat sebelah mata, tidak seperti di luar sana, kalau gak percaya, Spons Bob sampai sekarang belum bisa punya SIM padahala sudah berulang kali ikut training, he-he
    Apalagi anak2 muda, saya sempat negur anak murid saya, “nak, kalu kamu gak hati2 naik motor kalo kenapa2 gimana?”
    jawabnya: “mati jatuh dari motor itu keren pak”, saya sebenarnya kaget, tapi biarlah, dan jawban itu adalah jawaban ke-10 dari 30 anak yang saya nasehati.
    Trus apa solusinya? he-he
    Salam kenal dan salam hangat dari Musi Rawas.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.