Syarat dan Rukun Ibadah Umroh

By | 30 January 2017

Selain haji, umroh merupakan salah satu ibadah umat Islam yang dilakukan di Masjidil Haram. Umroh juga sering disebut haji kecil. Pelaksanaan ibadah haji harus dilakukan pada bulan Dzullhijjah, sementara umroh bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat oleh waktu. Sebelum melaksanakan ibadah umroh Anda harus mempelajari panduan umroh terlebih dahulu supaya Anda tidak melakukan kesalahan saat beribadah dan menjadi umroh yang mabrur. Di artikel ini saya akan memberikan beberapa hal yang berkaitan dengan ibadah umroh, yaitu syarat dan rukun umroh.

Syarat Umroh

Hukum melaksanakan umroh adalah wajib, sebagaimana hukum dalam pelaksanaan ibadah haji. Berikut adalah syarat untuk ibadah umroh yang juga berlaku untuk ibadah haji.

  1. Islam
    Ibadah umroh hanya ditujukan bagi yang beragama Islam saja.
  2. Baligh / Dewasa
    Baliqh atau dewasa merupakan syarat ibadah umroh. Tanda baligh bagi pria adalah sudah mengalami mimpi basah dan bagi wanita ditandai dengan datangnya mentruasi. Bagi yang belum baligh tidak disyariatkan menjalankan ibadah umroh.
  3. Berakal Sehat
    Umroh hanya disyariatkan bagi mereka yang memiliki akal sehat, sehingga orang gila tidak sah jika berumroh.
  4. Merdeka / bukan hamba sahaya
    Ibadah umroh dilakukan bagi mereka yang bukan budak / hamba sahaya.
  5. Mampu / istitha’ah
    Mampu di sini berarti mampu secara jasmani, rohani dan juga ekonomi.

Rukun Umroh

Adapun rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah umroh bisa Anda baca di bawah ini.

  1. Ihram
    Kaum muslim yang hendak melaksanakan ibadah umroh wajib mengenakan pakaian ihram, yaitu berupa  kain berwarna putih tanpa jahitan yang hanya dililitkan di tubuh. Ada perbedaan antara pakaian ihram pria dan wanita. Pakaian ihram pria terdiri dari 2 lembar kain yang tidak memiliki jahitan,  satu lembar melilit tubuh mulai dari pinggang sampai ke bawah lutut. dan satu lembar lagi  diselempangkan dimulai dari bahu sebelah kiri ke bawah ketiak kanan. Sementara pakaian ihram untuk wanita lebih bebas tetapi disunatkan pakaian tanpa jahitan dengan warna putih  yang  menutup seluruh tubuhnya, kecuali bagian wajah dan telapak tangan.
  2. tawaf
    Tawaf adalah mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali.
  3. sa’i
    Sai adalah berlari-lari kecil dari Shafa menuju Marwah sebanyak tujuh kali.
  4. tahalul
    Tahalul adalah mencukur sebagian rambut kepala
  5. Tertib
    Rangkaian kegiatan dari no 1 sampai 4 harus dilakukan secara berurutan.

Itulah penjelasan mengenai syarat umroh dan rukun umroh. Semoga kita termasuk orang yang dimampukan Allah untuk melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci. Aamiin..

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *