Sterilisasi Perlengkapan Bayi dengan Air Rebusan

By | 21 November 2014

Bagi Anda yang baru saja memiliki bayi, Anda perlu memperhatikan semua perlengkapan makan dan minum untuk bayi agar selalu bersih dan steril. Bayi yang baru lahir rentan terhadap serangan kuman dan bakteri meski tidak berbahaya bagi orang dewasa biasanya karena sistem imunitas pada bayi masih rapuh. Oleh karena itu penyakit seperti muntah dan diare bisa terjadi pada bayi dan anak-anak. Agar bayi Anda tetap sehat dan terjaga dengan baik, pastikan semua peralatan makan dan minumnya termasuk dot dicuci dengan air yang memenuhi kriteria air bersih. Juga pastikan air yang diminum adalah layak.

air-bersih

Adapun parameter air bersih bisa diamati secara fisik. Yang pertama adalah perhatikan warnanya. Air tidak boleh berwarna atau keruh. Air yang berwarna seperti kekuning-kuningan menunjukkan bahwa air tersebut telah tercemar seperti air selokan. Air yang keruh biasanya menunjukkan bahwa di dalam air tersebut mengandung partikel-partikel dari tanah liat yang sangat halus oleh karena itu sangat tidak baik untuk digunakan atau diminum.

Kemudian perhatikan rasanya. Jika air yang diminum memiliki rasa seperti asam, manis, pahit atau asin menunjukkan bahwa air tersebut telah tercemar oleh zat atau bakteri. Air yang asin artinya air tersebut mengandung garam. Air garam seperti air laut sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Pastikan bahwa air tersebut jernih dan tidak berasa atau tawar. Air yang digunakan dan diminum juga tidak boleh berbau busuk. Karena bau busuk tersebut berasal dari penguraian bakteri oleh mikroorganisme air. Maka air yang berbau menunjukkan bahwa air tersebut telah tercemar oleh bahan organik dan bakteri yang berbahaya.

Pastikan juga bahwa air yang Anda gunakan tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya seperti timbal, arsen, raksa, nitrat dan bahan radioaktif lainnya. Agar air aman digunakan harus memenuhi kriteria air bersih yang sudah disebutkan. Agar lebih terjaga kualitasnya sebaiknya sebelum diminum air dimasak terlebih dahulu hingga matang. Suhu yang tinggi akan mematikan kuman dan bakteri sehingga aman untuk dikonsumsi.

Anda bisa mensterilkan peralatan makan dan minum bayi dengan cara merebusnya dalam air yang mendidih. Caranya sangat mudah, cukup gunakan panci besar yang diisi dengan air bersih kemudian masukkan peralatan makan dan minum bayi seperti piring, gelas, sendok, dan botol minum ke dalam panci hingga terendam oleh air. Kemudian panaskan panci di atas kompor hingga airnya mendidih. Setelah itu biarkan selama 10 menit sebelum langsung digunakan.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.