Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pertumbuhan Anak

By | 31 October 2014

Tumbuh kembang anak harus menjadi sorotan setiap orang tua. Ini merupakan masa yang paling penting untuk awal hidup setiap anak. Masa ini sebut dengan masa keemasan atau the golden age, dimana setiap anak harus mendapatkan stimulasi yang baik untuk kesehatan, gizi, pola asuh, dan juga pendidikan.

Fase tumbuh kembang anak dimulai dari usia 0 sampai 2 tahun. Pada fase ini anak belajar untuk mengerahkan kemampuan motorik kasarnya. Ini merupakan fase dimana anak belajar duduk, tengkurap, merangkak, dan kemudian berjalan. Selain itu, anak juga perlu diperkenalkan dengan bahasa. Sehingga anak bisa melanjutkan fase selanjutnya pada usia 2 tahun menuju 3 tahun, yaitu fase sosialisasi dan interaksi.

20131103_120241

Pada tahap selanjutnya, anak harus dipersiapkan untuk mandiri. Biasanya ketika anak mulai masuk usia 4 tahun. Orang tua bisa mulai mengajarkan anak tentang kemandirian dan tanggung jawab. Di mulai dengan mengajarkan anak untuk makan sendiri dan memakai sepatu sendiri. Ketika anak berusia 5 tahun, maka saatnya anak mendapatkan pendidikan di sekolah. Kemudian pada usia 6 tahun anak akan mulai memasuki tahap pendidikan formalnya.

Setiap anak memiliki kemampuan dan keunikannya masing-masing. Oleh sebab itu, setiap orang tua harus bisa memenuhi kebutuhan untuk anak-anaknya. Tidak hanya pertumbuhan fisik saja yang penting bagi anak, namun juga pertumbuhan psikisnya. Oleh sebab itu, harus ada kesadaran bagi setiap orang tua untuk dapat memenuhi segala kebutuhan anak, baik dalam hal gizi, perhatian dan pola asuh, serta pendidikan.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *