Panduan Memilih Susu Formula Terbaik untuk Bayi 1 Tahun yang Bermasalah dengan Pencernaan

By | 6 April 2018

Bayi ada dasarnya memang tidak membutuhkan terlalu banyak jenis makanan atau asupan nutrisi, cukup diimbangi dengan keberadaan ASI dan makanan pendamping saja sudah cukup. Hanya saja ternyata memilih susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun juga tak semudah yang dibayangkan. Mengingat belum tentu semua merk akan cocok mereka konsumsi tanpa menyebabkan efek samping berbahaya. Dalam beberapa kasus ada yang dinamakan sebagai intolerance laktosa kemudian juga kondisi dimana buah hati keracunan susu yang bisa memicu kematian.

 

Sebagian besar diantara produk susu yang banyak dijual di pasaran memang termasuk dalam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan buah hati, berasal dari bahan dasar susu sapi segar yang diproses sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan yang tak kalah dibandingkan dengan ASI. Hanya saja ada beberapa kandungan, khususnya pada bayi yang sensitif tidak akan sesuai dengan mereka. Misalnya adalah dapat memicu masalah pencernaan, nyatanya kondisi inilah yang paling sering terjadi ketika si kecil berpindah dari ASI menuju ke susu formula biasa.

 

Padahal memang sudah waktunya untuk bayi disapih agar tidak terus menerus minum ASI eksklusif, berganti dengan susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Agar terhindar dari masalah pencernaan dan justru membuat pencernaan mereka kian sehat, maka berikut inilah ada beberapa tips dalam pemilihan susu untuk mereka, diantaranya adalah:

 

  1. Ketahui apakah masalah pencernaan tersebut disebabkan karena alergi susu sapi atau tidak, karena intoleransi terhadap laktosa ini pada dasarnya bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah, salah satunya adalah dengan memilih produk susu formula hipoalergenik, produk susu yang satu ini memang sengaja dikhususkan bagi buah hati yang memiliki masalah alergi laktosa, diganti dengan produk susu yang rendah kandungan laktosanya.
  2. Bayi yang memiliki masalah dengan pencernaan juga dapat dipicu karena prosedur pembuatan susu tidak dilakukan secara tepat, mulai dari air yang digunakan tidak dalam kondisi direbus hingga mendidih, juga bisa dipicu karena masalah sterilitas atau kebersihan sarana yang digunakan untuk membuat susu tersebut. Kuman yang masuk dalam tubuh akan menyebabkan masalah pada pencernaan, jadi ikuti panduan pembuatannya secara tepat.
  3. Pilihlah produk yang masih layak pakai, ditunjukkan dengan masih berada dalam tanggal layak konsumsi atau belum kadaluarsa, sepele namun kenyataannya juga sangat berdampak kepada buah hati. Bahkan bukan hanya produk susu kadaluarsa saja, produk yang sudah mendekati masa kadaluarsa yang pada dasarnya masih layak dikonsumsi bisa jadi memicu reaksi pada pencernaan, karena beberapa kandungan di dalamnya memang sudah mulai berubah.
  4. Pilih susu yang sesuai dengan usia buah hati, berbeda dengan remaja, maka ada tingkatan usia untuk produk susu yang dikonsumsi oleh buah hati, hal ini disebabkan karena berbeda tingkatan usia maka akan berbeda pula zat yang boleh dan tidak boleh untuk mereka konsumsi. Bayi usia 6 bukan tidak boleh mengkonsumsi susu yang ditujukan untuk bayi berusia 2 tahun, dengan alasan karena belum tentu semua kandungan gizi yang ada didalamnya dapat mereka cerna, karena tak jarang juga yang bisa memicu reaksi pada pencernaan.

 

Ikuti panduan-panduan tersebut untuk dapatkan susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun, apalagi yang memiliki masalah pada kesehatan pencernaan mereka. Karena ini bisa jadi bagian yang paling sensitif untuk si kecil.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *