Memahami reksadana yang terbaik

By | 25 January 2015

Sebuah wadah yang dijadikan tempat untuk mengelola dana atau modal yang dikelola oleh manajer investasi profesional pada suatu perusahaan resmi yang biasa dikenal dengan sebutan reksadana sepertinya memberikan daya tarik tersendiri bagi banyak masyarakat sekarang ini. Keamanan dan kenyamana sitem yang ditawarkan dari berbagai macam reksadana terbaik kini menjadi salah satu alternatif yang sangat dipertimbangkan oleh kebanyakan masyarakat kita yang mulai terbiasa menyisihkan sebagian dari penghasilannya dan disimpan untuk bekal dan digunakan dimasa datang yang salah satu tujuannya ialah mempersiapkan keuangan untuk mengimbangi kenaikan harga barang-barang dan jasa yang terus meningkat dan dengan tetap merasa tenang bahwa kebutuhan tetap dapat terpenuhi.

investasi

Memahami seluk beluk mana reksadana terbaik yang dapat kita pilih sebagai jasa pengolaan dana atau modal yang kita miliki tentu sangat diperlukan. Berikut ini akan diulas beberapa hal yang berhubungan dengan reksadana agar dapat menjadi referensi bagi masyarakat apakah benar-benar ingin penanamkan dana pada reksadana atau tidak. Ciri khas dari reksadana ialah kepemilikannya atas nama nasabah dan dicatat di Bank Kustodian, nilai investasi awal yang terjangkau, yakni dimulai dengan Rp. 250 ribu, keragaman pilihan jenis protofolio, potensi imbal hasil jangka panjang yang optimal, likuid yaitu mudah dibeli dan dijual kapan saja dan dikelola oleh para profesional yang memiliki izin resmi.

Salah satu hal yang menjadi point penting dalam reksadana terbaik adalah portofolio. Jika dilihat dari isi portofolio ada 4 jenis reksadana yang utama, diantaranya yaitu 1) reksadana pasar uang, dana yang dikelola diinvestasikan pada instrumen pasar uang seperti deposito, obligasi jatuh tempo dan pasar uang antar bank. 2) reksadana obligasi, investasi pada reksadana ini berefek pada surat utang pemerintah ataupun korporasi. 3) reksadana campuran yang berinvestasi pada efek saham dan obligasi. 4) reksadana saham yang mayoritas portofolionya dalam efek saham. Dari beberapa hal yang telah dijelaskan nantinya produk reksadana akan memberikan penawaran solusi dan pilihan yang beragam sesuai tujuan masing-masing investor.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *