Kandungan Gizi Kulit Apel Lebih Banyak Dibandingkan Dengan Buahnya

By | 24 September 2013

Pastikan kulit Apel di konsumsi bersama dengan buahnya, kenapa?

gambar buah apel

gambar buah apel

Buah apel pertama kali ditemui secara liar di daerah pengunungan Asia Tengah, Kazahstan, Kirgiztan, Tajikistan dan Xinjiang, China. Apel adalah buah yang digemari di asia maupun eropa, baik muda maupun tua. Karena mempunyai rasa manis dan mempunyai tekstur sedikit keras, apel cocok dijadikan menu sarapan di setiap paginya.

Mengkonsumsi Apel lebih baik beserta kulitnya karena ternyata di dalam kandungan Kulit Apel terdapat Gizi yang banyak, yang tidak dimiliki oleh buahnya. Berikut adalah kandungan Gizi yang terdapat di dalam kulit Apel serta manfaatnya untuk kesehatan.

1. Banyak Mengandung Vitamin A, C, K  

Sebuah kulit Apel banyak mengandung vitamin A, yang baik untuk  menjaga kesehatan dan penglihatan mata dan peningkatan pertumbuhan sel darah. Sedangkan Vitamin C  yang terdapat dalam Apel mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh setiap hari. Di samping itu, buah apel juga meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk memperhalus atau mempercantik kulit mengandung Vitamin K yang membantu pengentalan darah, dan kandungan folat yang sangat berguna untuk tubuh dalam pembentukan sel-sel baru.

2. Banyak Mengandung Mineral

Kulit apel merupakan sumber mineral yang penting untuk tubuh, termasuk kalsium, kalium, dan fosfor. Kalsium dan fosfor menjadikan tulang dan gigi terus kuat, sedangkan kalium mendukung sel jantung dan fungsi pencernaan agar terus sehat. Apel dapat merawat usus besar maupun halus jika di konsumsi rutin setiap hari.

3.Banyak Mengandung Serat

Kulit apel mengandung serat larut dan tak larut, dimana jumlah serat didalamya sekira dua-pertiga dalam sebuah apel. Serat memiliki banyak manfaat kesehatan, dari menurunkan kolesterol, sampai membantu pencernaan dengan menawarkan rasa kenyang untuk mengontrol berat badan bagus juga bila di konsumsi untuk  yang sedang melakukan diet. Ukuran rata-rata sebuah Kulit Apel mengandung 4,4 gram serat dan Anda akan kehilangan setengahnya jika Anda mengupas kulitnya. Ini alasanya kenapa anda di anjurkan untuk mengkonsumsi apel beserta kulitnya.

4.Mengandung Antioksidan Sebagai Kekebalan Tubuh

Kulit apel dikemas dengan nutrisi phytochemical kuat seperti flavonoid dan asam fenolat yang membantu tubuh melawan kerusakan sel dalam tubuh. Mengkonsumsi Apel dengan kulitnya akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari senyawa yang disebut triterpenoid yang membantu melawan Kanker, seperti Kanker Hati, Kanker Usus Besar dan Kanker Payudara.

itulah beberapa manfaat kulit apel, yang ternyata banyak manfaatnya.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *