Ciri-Ciri Kucing British Shorthair dan Cara Merawatnya

By | 17 May 2018

Kucing merupakan hewan lucu dan menggemaskan yang sudah banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Ada beberapa spesies kucing yang hidup di muka bumi ini, yang bisa dikelompokkan berdasarkan pendek atau panjang bulu yang mereka miliki. Ada kucing dengan bulu panjang (long hair) seperti kucing Persia, Ragdoll, Mainecoon , Norwegian Forest cat, dan Scottish Fold Long hair . Sementara ada kucing berbulu pendek (short hair) seperti kucing British Short Hair,  American Short Hair, Abysinian dan Bengal.

Ciri-Ciri Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair  adalah salah satu spesies kucing berbulu pendek yang banyak dipelihara manusia. Kucing jenis ini berasal dari Inggris. Karena memiliki bulu yang pendek, dia tidak perlu sering-sering dibawa ke salon khusus kucing untuk perawatan. Perawakan kucing ini gemuk dengan bulu pendek tapi lebat pada tubuhnya. Pipinya lebar dan chubby. Kucing ini sangat suka berada di dalam rumah sambil bermalas-malasan dan tidak hiperaktif. British shorthair jantan dewasa memiliki berat sekitar 6 sampai 9 kilogram, sementara betina memiliki berat sekitar 4 sampai 6 kilogram.

Saat pemiliknya keluar rumah, kucing ini akan tetap berdiam di dalam rumah sambil menunggunya pulang. Ketika pemiliknya ada di rumah, kucing ini akan menghampiri pemiliknya bahkan tidak jarang minta dipangku oleh si pemilik. Kucing british shorthair benar-benar suka dimanja oleh pemiliknya. Di bawah ini adalah tampilan dari kucing british shorthair yang menggemaskan

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Yang perlu diperhatikan saat merawat kucing ini adalah menjaga kebersihan badannya. Anda harus menyisir bulu-bulunya setiap hari agar bulunya tetap cantik dan tidak kusut. Selain kebersihan badan, Anda juga harus menjaga kebersihan kandang kucing. Kandang kucing yang kotor dan baru dapat menyebabkan penyakit pada kucing kesayangan Anda. Berikan desinfektan untuk membersihkan kandang kucing dari kotoran.

Makanan juga perlu mendapat perhatian khusus. Anak kucing yang baru lahir dibiarkan menyusu langsung dari induknya selama 8 minggu. Akan tetapi Anda boleh memberi makan anak kucing jika induknya tidak mau menyusuinya. Ada banyak makanan kucing yang dijual di pasaran, diantaranya adalah Royal Canin yang sudah banyak digunakan oleh para pecinta kucing. Anda harus memastikan makanan anak kucing baru lahir  yang diberikan untuk kucing haruslah makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *