Cara Menjaga Hamil Muda pada Trimester Pertama

By | 18 November 2016

Mengetahui bahwa istri sedang hamil merupakan hal yang paling menyenangkan bagi sepasang suami istri. Artinya dalam waktu sekitar 40 minggu lagi akan lahir bayi yang lucu dan menggemaskan. Hanya saja janin yang ada di dalam kandungan harus dijaga dengan baik agar tidak mengalami keguguran. Terutama pada trimester pertama yang berlangsung selama 3 bulan awal sejak masa kehamilan. Pada trimester kedua dan ketiga kondisi janin sudah lebih kuat sehingga resiko keguguran semakin berkurang.

ibu hamil

Bagaimana cara merawat janin trimester pertama supaya tetap sehat? Berikut saya rangkum beberapa tips nya yang saya ambil dari beberapa sumber terpercaya.

  1. Beri asupan bergizi untuk ibu dan janin
    Seorang ibu hamil membutuhkan makanan bergizi agar janin yang dikandungnya tetap sehat. Seorang ibu hamil harus rajin mengkonsumsi susu. Saat ini sudah banyak tersedia susu khusus untuk ibu hamil. Saat hamil kebutuhan kalsium akan meningkat. Selain susu makanan yang harus banyak dimakan oleh ibu hamil adalah ikan salmon, kacang-kacangan dan aneka buah-buahan. Air putih juga harus dikonsumsi lebih banyak untuk mempertahankan jumlah air ketuban di dalam kandungan.Ada juga makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil  yaitu makanan yang dimasak setengah matang, kafein, nangka dan minuman berkafein.
  2. Istirahat yang cukup
    Pada masa awal kehamilan seorang ibu tidak boleh bekerja terlalu berat. Beberapa pekerjaan berat yang tidak boleh dilakukan  oleh ibu hamil diantaranya mengangkat beban berat dan mengepel lantai. Istirahat yang cukup akan menjaga kondisi ibu dan janin agar tetap sehat.
  3. Konsultasi ke dokter atau bidan
    Ibu hamil harus konsultasi rutin ke dokter kandungan ataupun bidan. Hal ini dianjurkan untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan. Saat konsultasi biasanya dilakukan USG untuk mengetahui berat janin dan panjangnya. Dari pemeriksaan USG juga akan diketahui kondisi air ketuban di dalam kandungan.
  4. ibu tidak boleh stres
    kehadiran janin dalam kandungan menyebabkan perubahan hormonal pada ibu. Hal ini juga akan mempengaruhi emosi dan mentalnya. Oleh karena itu biasanya ibu yang sedang hamil muda lebih mudah tersinggung dan marah-marah. Seorang suami harus menenangkan istri agar bisa mengelola emosinya. Emosi atau stres yang berlebihan terutama pada trimester pertama bisa menyebabkan keguguran.

Itulah beberapa cara menjaga hamil muda pada trimester pertama agar ibu dan bayi tetap sehat. Semoga informasi ini berguna bagi anda para ibu hamil.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *