8 Jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia

By | 12 September 2017

Untuk meminimalisir resiko kejadian tak terduga, asuransi menjadi pilihan terbaik yang bisa anda jadikan andalan. Ya, sebagai salah sat lembaga keuangan non bank, asuransi bisa menjanjikan jaminan dari kejadian tak terduga yang tentunya merugikan anda.

Kejadian-kejadian yang dapat anda asuransikan sendiri sangat beragam, mulai dari kecelakaan kendaraan, biaya berobat, kematian juga asuransi untuk perlindungan aset yang anda miliki.

Nah semua jaminan ini terbagi dalam beberapa jenis asuransi, dimana masing-masing jenis asuransi akan menawarkan pelayanan khusus sesuai programnya. Dan berikut ini 8 jenis asuransi yang ada di Indonesia.

  1. Asuransi jiwa

Salah satu jenis asuransi yang akan memberikan keuntungan finansial pada tanggungjawab kematian. Sistem pembayaran dari asuransi jiwa sendiri sangat beragam, yang kemudian perusahaan asuransi akan mengakumulasikan serta penetapan program hingga jumlah pemberian dana ditentukan untuk bisa diberikan pada pihak penerima asuransi (biasanya ahli waris).

  1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang akan memberikan jaminan finansial pada client nya semasa melakukan pengobatan. Umumnya, untuk mendapatkan jaminan ini client harus memenuhi ketetapan waktu minimal bergabung dalam program asuransi tersebut.

  1. Asuransi kendaraan

Tak bisa dipungkiri jika kecelakaan di Indonesia semakin meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini pula yang menyebabkan asuransi kendaraan begitu populer. Dimana client bisa mendapat jaminan pembayaran ganti rugi pada korban luka akibat kecelakaan kendaraan yang disebabkan client.

Selain itu, kerusakan mobil pada korban juga dapat ditanggungkan oleh client agar dibayar pihak asuransinya.

  1. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Seperti yang sudah disebutkan di atas, saat inipun terdapat produk asuransi yang akan melindungi atau menjamin kepemilikan aset anda seperti rumah dan properti

Umumnya asuransi ini ditawarkan untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan aset tersebut.

  1. Asuransi pendidikan

Kebanyakan pengguna asuransi pendidikan ini ialah orang tua yang masih memiliki anak usia dini. Sebab dengan program ini, orang tua nantinya tak lagi harus resah dengan pendidikan anaknya di masa depan.

Yap, karena pihak asuransi nantinya akan memberikan tunjangan pendidikan pada anak yang umumnya diberikan saat anak memasuki jenjang perguruan tinggi.

  1. Asuransi bisnis

Meskipun saat ini sudah begitu sukses, namun siapa yang tahu dengan perkembangan bisnis anda dimasa depan? Apakah mungkin akan bangkrut? Tentu saja, sebab tidak ada yang tidak mungkin dan oleh karenanya produk asuransi bisnis ini bisa jadi penanggulangan yang tepat. Selain itu, asuransi bisnis akan menawarkan berbagai fasilitas untuk karyawan perusahaan.

  1. Asuransi umum

Asuransi umum merupakan asuransi yang diberikan pada kasus kehilangan manfaat atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Umumnya, asuransi ini bersifat jangka pendek, yaitu sekitar 1 tahun saja.

  1. Asuransi kredit

Berbeda dengan jenis asuransi lain, umumnya asuransi kredit ini diikuti oleh bank atau lembaga keuangan lain untuk menjamin ketidak kembalinya uang kredit yang dipinjam oleh nasabah. Untuk pengelolanya asuransi kredit sendiri dipercayakan pemerintah pada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

Jadi sudahkah anda mengikuti program-program asuransi di atas?

Share yuk!!

One thought on “8 Jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia

  1. Mas Faiz

    Beberapa asuransi sekarang mulai mengembangkan ke arah investasi untuk memancing masyarakat agar lebih tertarik dengan asuransi, jenis asuransi berbasis investasi ini tentunya memberikan keuntungan ganda bagi pembeli polis

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *